Jakarta () – Aktor Keanu Reeves mendonasikan 70 persen pendapatannya dari film “The Matrix Resurrections” untuk mendanai penelitian kanker darah putih atau leukemia, dikutip dari New York Post pada Selasa.

Aktor berusia 57 tahun itu dilaporkan mendapat bayaran dimuka sebesar 10 juta dolar AS dan selanjutnya mendapat 35 juta dolar AS saat “The Matrix” menjadi blockbuster di box office.

Donasi tersebut dilakukan Reeves usai adik perempuannya, Kim Reeves, telah berjuang selama delapan tahun untuk melawan penyakit itu.

Kim didiagnosis menderita kanker darah pada 1991 dan menghabiskan waktu selama 10 tahun untuk melakukan pengobatan sebelum akhirnya mendapat remisi pada 2001.

Reeves dikabarkan terus memberikan donasi untuk penelitian selama bertahun-tahun setelah Kim sembuh, hingga diam-diam mendirikan organisasi nirlaba yang telah berjalan selama bertahun-tahun.

Pada 2009, Reeves mengatakan dirinya memiliki yayasan swasta yang membantu beberapa rumah sakit anak-anak dan penelitian kanker. Pada saat itu, Yayasan tersebut telah berjalan sekitar lima atau enam tahun, menurut Ladies Home Journal.

“Saya tidak ingin mencantumkan nama saya. Saya hanya membiarkan yayasan melakukan apa yang semestinya dilakukan,” kata Reeves.

Pada tahun 2020, Reeves juga melelang kencan Zoom 15 menit. Penawar yang menang konon membayar lebih dari 19.000 dolar AS untuk kencan singkat dengan aktor Hollywood itu. Hasil lelang tersebut disumbangkan ke organisasi nirlaba untuk anak-anak penderita kanker, Camp Rainbow Gold, di Idaho.

Baca juga: Ariana Grande diam-diam kirim uang untuk fans terdampak corona

Baca juga: Taylor Swift bayari gaji karyawan toko kaset di Nashville

Baca juga: Madonna sumbang 1 juta dolar untuk bantu temukan vaksin corona

 

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022