Jakarta () – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA) meluncurkan lagu berjudul "SAPA 129" yang dibuat dari nada lagu 3Ends ciptaan Shinta Priwit.

Liriknya ditulis dan dinyanyikan oleh Menteri Bintang Puspayoga.

"Saya berharap peluncuran lagu 'SAPA 129' ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan membuat mereka tergerak menjadi lebih aktif dalam mencegah dan menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak," kata Shinta dikutip dari siaran resmi, Senin.

Aransemen lagu "SAPA 129" dibantu oleh Rachmat Ady Utomo, sedangkan proses rekaman vokal Menteri Bintang Puspayoga dilakukan langsung di kantor KemenPPPA dan di rumah dinas menteri di sela jadwal yang padat.

Lagu "SAPA 129" mengajak masyarakat lebih waspada dan berperan aktif dalam pencegahan kekerasan yang sering terjadi terhadap perempuan dan anak sekaligus mempromosikan program Sahabat Perempuan dan Anak KemenPPPA serta call center (SAPA 129) yang secara khusus disiapkan untuk penanganan dan pendampingan korban kekerasan. Selain itu, lirik lagu ini juga mencakup lima arahan Presiden Republik Indonesia terkait isu perempuan dan anak.

Shinta mengatakan, ia senang sekaligus terkejut ketika diajak berkolaborasi dengan Menteri Bintang Puspayoga secara langsung.

"Ini merupakan suatu kehormatan dan momen yang sangat berharga," kata Shinta yang optimistis pesan dalam lagu akan diterima baik oleh masyarakat.

Baca juga: Menteri PPPA beri penghargaan para perempuan berani laporkan kekerasan

Baca juga: KPPPA: Butuh penanganan terpadu hadapi kasus kekerasan seksual

Baca juga: Menteri Bintang: Korban KDRT di Kepulauan Seribu bisa lapor "SAPA 129"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022