Pengumuman: Trump Siap Tinggakan Gedung Putih

President Donald Trump participates in a Veterans Day wreath laying ceremony at the Tomb of the Unknown Soldier at Arlington National Cemetery in Arlington, Va., Wednesday, Nov. 11, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky)

Jakarta, – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya siap meninggalkan Gedung Putih. Ini merupakan pernyataan terbaru dari mantan pengusaha tersebut.

Ia mengatakan bersedia pergi jika lawannya Joe Biden sudah secara resmi dikonfirmasi Electroral College sebagai pemenang Pilpres 3 November. Tapi ditegaskannya, dirinya tak akan mengakui kekalahan.

Baca:

Xi Jinping Beri Kejutan Besar, Apa Kata Biden?

“Tentu saya akan. Dan Anda tahu itu,” kata Trump ketika ditanya, dikutip dari AFP, Jumat (27/11/2020).

“Tapi jika mereka (elektoral) melakukannya, mereka telah membuat sebuah kesalahan.”

Baca:

‘Kegilaan Terakhir’ Trump ke Iran Makan Korban Rusia & China

Mengutip Reuters, Trump pun tak mengiyakan apakah akan hadir jika Biden resmi dilantik 20 Januari 2021 nanti. Electoral College sendiri akan bertemu 14 Desember 2020 nanti.

“Pemilihan ini penipuan,” tuding Trump lagi.

Trump membuat komentar di Gedung Putih setelah berbicara dengan pasukan AS selama pidato Hari Thanksgiving. Perayaan Thanksgiving kali ini amat berbeda dari sebelumnya di mana Trump terbang ke Afganistan menyajikan kalkun langsung ke pasukan AS.

Sebelumnya, hasil quick count menunjukkan Biden memenangkan Pilpres. Dari update tebaru, ia memenangkan 306 suara elektoral, lebih dari 270 suara yang dibutuhkan.

Trump sendiri hanya mendapatkan 232 suara. Biden juga memimpin Trump dengan lebih dari 6 juta dalam penghitungan suara populer.

Trump sejauh ini menolak untuk mengakui hasil pemilihan dan terus mengklaim pemilihan tersebut diwarnai oleh penipuan yang masif. Meski begitu ia sudah mengizinkan administrasi Gedung Putih melakukan transisi.

(sef/sef)