aku merah, kamu putih, kita tetap berjalan bersama

Jakarta () – Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76, gitaris grup band Mocca Riko Prayitno mengungkapkan pentingnya lagu-lagu bertema kemerdekaan untuk membangkitkan semangat cinta Tanah Air dan mengingat sejarah.

"Jadi selain bagian dari ekspresi, kita juga bisa mempertahankan ingatan itu lewat lagu-lagu bertema kemerdekaan," kata Riko kepada , Jumat.

Riko menambahkan, lagu juga dapat menjadi penanda zaman dan alat dokumentasi beragam peristiwa yang mudah diwariskan secara turun temurun.

Saat ini Indonesia sudah merdeka dan menurut Riko, perjuangan bangsa Indonesia bukan lagi tentang cara melawan penjajah menggunakan senjata. Riko pun mengajak para musisi untuk membuat lagu tema kemerdekaan dengan membawa pesan mengenai keberagaman yang harus terus dijaga.

"Sekarang kan berjuangnya gak mengangkat senjata. Tapi kita harus menjaga keberagaman karena sepertinya mulai terkikis. Hal-hal itu yang perlu diingatkan sih sebenarnya," ujar Riko.

Tak harus eksplisit mengenai kemerdekaan, menurut Riko, musisi juga dapat menciptakan lagu-lagu yang terinspirasi dari kondisi Indonesia dan diituangkan ke dalam lirik yang bersifat lebih universal.

Riko lalu mengambil contoh salah satu lagu Mocca berjudul "Aku dan Kamu" dan "I Love You Anyway". Riko mengatakan, lagu "Aku dan Kamu" ia tulis karena terinspirasi dari bendera Indonesia.

"Makanya ada lirik 'aku merah, kamu putih, kita tetap berjalan bersama'. Jadi kalau gak ada merah atau gak ada putih, gak akan jadi bendera. Kalau gak beriringan, gak akan kuat," tutur Riko.

Sementara lagu "I Love You Anyway", kata Riko, sebenarnya terinspirasi dari kondisi Indonesia saat ini. "Apapun kekurangan yang ada di dalamnya, ya i love you anyway, gitu," imbuhnya.

Terakhir, Riko mengungkapkan harapannya agar para musisi termasuk Mocca dapat terus merdeka dalam berkarya sebagai bentuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

"Karena dengan kita masih tetap merdeka dalam berkarya seperti sekarang ini adalah hal yang harus disyukuri," tutupnya.

Baca juga: Roy Jeconiah rilis ulang lagu "Aku Garuda" di HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Baca juga: HUT ke-75 RI, Menteri Edhy nyanyikan lagu Kebyar-Kebyar

Baca juga: HUT ke-75 RI, Andrea Turk nyanyikan ulang lagu "Indonesia Raya"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021