Prabowo-Erick Mau Beli Kapal Selam Tipe 214 Made in Jerman?

Kapal Selam HDW Class 214 (Tangkapan Layar via thyssenkrupp-marinesystems.com)

Jakarta, РPara delegasi yang berasal dari Thyssen-Krupp Marine Systems (TMK), produsen kapal selam asal Jerman, dilaporkan berada di Jakarta pekan lalu. Tujuan mereka adalah menawarkan proposal pengadaan kapal selam Diesel-Listrik (SSK) Tipe 214 kepada TNI Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL).

Melansir laman militer Janes, Minggu (7/3/2021), delegasi yang diketuai oleh Senior Vice President TKMS yang bertanggung jawab di wilayah timur itu telah menyelesaikan prosedur karantina pada 2 Maret 2021.

“Selanjutnya, agenda diskusi dilakukan melalui perwakilan dari Tim Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir,” sebut sumber yang juga mengikuti jalannya diskusi.

Baca:

Rolls Royce-Tanker Tersangka Asabri Disita! Ini Kata Prabowo

Diskusi yang dibahas di antaranya terkait dengan persyaratan operasional TNI-AL, pengaturan pembagian kerja yang dapat ditawarkan oleh TMKS kepada industri galangan kapal nasional, dukungan infrastruktur dan persyaratan pembiayaan jika program pengadaan kapal selam tersebut dikabulkan.

Selain Jakarta, rombongan delegasi TMKS rencananya akan mengunjungi fasilitas produksi kapal selam PT PAL di Surabaya.

Sebagai informasi, pengadaan kapal selam Diesel-Listrik (SSK) Tipe 214 dari TKMS merupakan salah satu dari beberapa program yang baru-baru ini dimasukkan dalam blue book Kementerian Pertahanan.

Daftar usulan pengadaan alutsista telah atau sedang diteruskan ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Kementerian PPN/Bappenas akan membahas untuk kemudian memutuskan untuk menyetujui atau tidak daftar usulan itu.

sudah berusaha meminta konfirmasi dari Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason, Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak, dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga terkait kabar kunjungan delegasi TMKS. Namun, belum ada jawaban terkait hal tersebut.

[Gambas:Video ]

(miq/miq)