Prabowo Subianto, Sang Jenderal yang Disebut Oleh Pentagon AS

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris, pada 22-24 Maret 2020. Kunjungan dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pertahanan RI-Inggris. (Dok: Twittwr @mod_russia)

Jakarta, – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin menghubungi Menhan RI Prabowo Subianto Djojohadikusumo pada Rabu (31/3/2021).

Keduanya membicarakan hal-hal mengenai keamanan regional. Termasuk, kemungkinan kerjasama bilateral di bidang pertahanan maritim.

“Saya melakukan diskusi awalan pagi ini dengan Menteri Pertahanan Indonesia @Prabowo, di mana kami berdiskusi mengenai keamanan maritim kawasan dan peluang untuk mempererat kerjasama pertahanan secara bilateral antara kedua negara,” cuit Austin.

Lalu apa saja yang menjadi poin pembicaraan Prabowo dan Lloyd Austin itu? Berikut rekapannya.

1. Laut China Selatan (LCS)

Kedua negara sepakat untuk bekerja sama untuk menjaga keamanan dan perdamaian di Laut China Selatan (LCS).

“Menteri Austin dan Menteri Prabowo mendiskusikan keamanan regional termasuk tantangan situasi di Laut China Selatan dan juga kerja sama bilateral di bidang pertahanan,” kata Kirby.

Sebagaimana diketahui, China dan beberapa negara ASEAN mengklaim bahwa wilayah perairan itu adalah milik mereka. Bahkan, China sudah membuka sebuah kota di lautan itu. Kota yang bernama Shansa itu sendiri sangat luas, dengan luas 17 kali lipat luas New York City.

2. Myanmar

Selain LCS, isu regional berikutnya yang dibahas adalah Myanmar. Kedua negara sepakat bahwa kekerasan bukanlah langkah yang tepat untuk kemajuan negara itu.

3. Kerjasama pertahanan

Dalam panggilan itu AS dan Indonesia sepakat untuk memperkuat kemampuan pertahanan kedua negara secara bersama-sama. Untuk mengimplementasikan kerjasama kedua negara di bidang itu, Austin menyatakan pentingnya digelar latihan bersama pada bulan Agustus mendatang.

“Menhan Austin menekankan pentingnya mengembangkan lebih lanjut hubungan pertahanan antara kedua negara dan menyoroti latihan Angkatan Darat-ke-Angkatan Darat, Garuda Shield, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Agustus sebagai kesempatan untuk membangun interoperabilitas yang lebih besar antara angkatan bersenjata,” tulis sebuah rilis Pentagon.

4. Belasungkawa atas bom katedral Makassar.

Tak lupa Austin juga menyampaikan belasungkawa atas serangan teroris yang terjadi di depan Gereja Katedral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada, akhir pekan lalu.

[Gambas:Video ]

(mij/mij)