Prediksi Suram Bos Moderna Soal Virus Corona Covid-19

A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, – CEO Moderna Stephane Bancel mengingatkan masyarakat dunia bahwa virus corona Covid-19 yang telah melumpuhkan ekonomi dan membuat rumah sakit kewalahan akan ada “selama” di dunia.

Hal ini diungkapkan Stephane Bancel dalam diskusi Panel di JP Morgan Healthcare Conference di Amerika Serikat (AS) seperti dilansir dari International, Kamis (14/1/2021).

Pilihan Redaksi
  • Gawat! Varian Baru Corona Inggris Sudah Nyebar ke 50 Negara
  • LIPI: Varian Baru Virus Corona Lebih Cepat Menyebar & Menular
  • Efikasi Cuma 50%, Presiden Brasil Serang Vaksin Sinovac China

“SARS-COV-2 (Covid-19) tidak akan hilang. Kita akan hidup dengan virus ini, kami pikir selamanya,” ujarnya.

Tampaknya CEO Moderna sepakat dengan pernyataan beberapa ahli bahwa Covid-19 akan menjadi penyakit endemik, yang artinya penyakit ini akan hadir di masyarakat setiap saat.

Menurut World Health Organization (WHO) sudah ada empat jenis virus corona yang menjadi endemik di seluruh dunia, tetapi tdaik menular atau mematikan seperti Covid-19.

Vaksin Covid-19 buatan Moderna bernama mRNA-1273 telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS) untuk disuntikkan kepada warga berusia 18 tahun ke atas.

Data final uji klinis tahap akhir mengatakan tingkat efikasi (khasiat) vaksin Moderna mencapai 94%. Artinya vaksin ini mampu menurunkan risiko terinfeksi Covid-19 hingga 94% dibandingkan mereka yang tidak divaksin.

Moderna mengungkapkan vaksin mRNA-1273 mampu memberikan perlindungan pada tubuh dalam waktu setahun, artinya harus dilakukan vaksinasi ulang agar tubuh terlindungi dari Covid-19.

[Gambas:Video ]

(roy/sef)