Jakarta () – Penampilan ratu pop Madonna membuka acara Video Music Awards (VMA) MTV 2021 pada Minggu (12/9) waktu setempat, bertepatan dengan empat dekade perjalanan karier musiknya sekaligus peringatan hari jadi stasiun televisi Amerika Serikat tersebut.

“Saya datang ke New York City hanya dengan 35 dolar AS dan sepasang sepatu dansa. Pada saat itu, saya berusia 19 tahun dan merasa ketakutan,” kata Madonna saat pembukaan segmen acara, dikutip dari Variety pada Senin.

Madonna mengawali acara yang berlangsung di Barclays Center, New York City, itu dengan pemutaran video musik di layar raksasa, termasuk “Like a Prayer” dan “Vogue”, sebagai penghargaan atas MTV yang membantunya membuka jalan untuk menjadi penyanyi perempuan terlaris sepanjang masa.

​​

“Empat puluh tahun yang lalu, underdog lain tiba di New York City berharap untuk menciptakan sesuatu yang revolusioner dan semua saluran musik ditayangkan di tengah malam dan menyebut dirinya MTV,” ujar Madonna.

“Kami menemukan satu sama lain dan sejak saat itu mengubah hidup saya, mengubah musik dan menciptakan bentuk seni baru. Itu sebabnya hanya ada satu tempat untuk malam ini,” lanjutnya.

Dalam VMA 2021, Madonna juga meluncurkan trailer untuk film konser mendatang bertajuk "Madame X" yang akan tayang perdana di Paramount Plus pada 8 Oktober.

Madonna merupakan salah satu bintang MTV yang paling terkenal dan telah membawa pulang 20 penghargaan sepanjang kariernya.

Ia dikenal dengan penampilan ikoniknya, termasuk saat penampilan di VMA pertamanya saat menyanyikan hit Billboard Hot 100-nya, “Like A Virgin”, dengan mengenakan gaun pengantin putih. Pada saat itu, Madonna juga dinominasikan untuk kategori Best New Artist Video (Borderline) di MTV VMA tahunan ke-1 yang berlangsung di Radio City Music Hall, New York.

Penampilan ikonik lainnya termasuk VMA 1990 saat Madonna membawakan lagu "Vogue" dengan membawa budaya ballroom Black dan Latinx serta voguing ke budaya pop arus utama.

Pada Oscar 1991, Madonna menampilkan “Sooner Or Later” yang terinspirasi dari Marilyn Monroe. Pada 2003, penampilan Madonna kembali mengejutkan penonton saat dia mencium Britney Spears dan Christina Aguilera yang menyanyikan “Like A Virgin” bersamanya di atas panggung.

Baca juga: Madonna ikut aksi protes kematian George Floyd meski cedera lutut

Baca juga: Rinaldy Yunardi, Madonna dan kado untuk negeri

Baca juga: Madonna buat naskah sendiri untuk film auto-biopiknya

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021