Jakarta () – Grup musik Padi Reborn pada Jumat meluncurkan single baru berjudul “Memberi Makna Indonesia” dengan menggandeng sejumlah pengisi suara atau kor (choir) orang dewasa dan anak-anak.

Pengisi kor dewasa adalah kor yang sama dengan pengisi lagu “Mahadewi” (1999). Sementara kor anak-anak diisi oleh putra dan putri personel Padi Rebon, yakni Andi Fathimah Siti Batari atau Mima yang merupakan putri dari vokalis Fadly serta Rizky Langit Ramadhan, putra semata wayang drummer Yoyo.

Gitaris Satriyo Yudi Wahono atau akrab disapa Piyu mengatakan kolaborasi tersebut dilakukan karena para personel ingin memberi sentuhan semangat kolektif dan melibatkan suara dari berbagai usia sesuai dengan tagline, tema, dan judul lagu “Memberi Makna Indonesia”.

“Semangat atau spirit itu pasti identik dengan kolektif dan banyak orang. Ketika ini kami implementasikan ke dalam sebuah lagu, akhirnya kami merasa ini kayaknya harus dibuat lebih anthem lagi, dibuat lebih bersemangat lagi. Harapan kami lagu ini bisa dinyanyikan secara bersama-sama oleh sebab itu kami butuh choir di sini,” terang Piyu saat konferensi pers virtual pada Jumat.

Piyu mengatakan keputusan untuk memilih kor dewasa yang pernah mengisi lagu “Mahadewi” merupakan proses yang tidak disengaja lewat pertemuan reuni.

Sementara pemilihan pengisi suara anak, kata vokalis Fadly, merupakan bagian dari trial and error. Setelah sepakat memilih kor dewasa, para personel juga ingin memasukkan suara anak-anak dalam lagunya.

“Waktu itu kami sudah dapat dua orang muridnya mbak Lusi, salah satu pengisi kor dewasa. Tapi kami rasa perlu ditambahkan. Akhirnya Yoyo panggil Rizki, anaknya. Saya panggil Mima,” kata Fadly.

Ia mengatakan tidak ada teknik vokal khusus untuk pengisi suara anak-anak. Para personel ingin agar suara yang dihasilkan anak-anak dapat semurni dan senatural mungkin sehingga dapat mewakili suara dari generasi mereka.

“Soal melibatkan anak-anak kami, sebetulnya itu juga dapat menjadi suatu pembelajaran juga, ya, sambil melihat pekerjaan bapak-bapaknya dan melatih keberanian dia untuk bisa menyumbangkan suara,” kata Yoyo.

Untuk melengkapi lagu ini, Padi Reborn juga merilis video lirik yang melibatkan para Sobat Padi dari Sabang hingga Merauke. Dalam tampilan visualnya para Sobat Padi memperlihatkan pesan lirik lagu dengan latar belakang landmark dari kota asal mereka masing-masing.

“Soal ide pembuatan video lirik ini ada beberapa opsi, seperti di Bandung, tapi agak bingung karena kan PPKM, ya. Akhirnya ada ide, gimana kalau mengajak Sobat Padi. Kami langsung setuju semuanya karena memang sudah lama tidak bertemu mereka,” tutur gitaris Ari.

Kini lagu “Memberi Makna Indonesia” dapat dinikmati mulai 10 September 2021 di sejumlah platform musik digital, seperti Spotify dan Apple Music. Sementara video lirik dapat dinikmati di akun Youtube official Padi Reborn.

Baca juga: Rilis lagu "Memberi Makna Indonesia", Padi Reborn tebar spirit positif

Baca juga: Voice of Humanity ajak Fadly "Padi Reborn" bernyanyi akapela

Baca juga: Padi Reborn ajak patuhi protokol kesehatan lewat "Ingat Pesan Ibu"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021