Sempat Bikin Heboh, Trump Mau Ampuni Snowden

Edward Snowden

Jakarta,  Indonesia – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk memberikan pengampunan kepada Edward Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA), yang mengguncang komonitas intelejen AS karena membocorkan sejumlah dokumen rahasia pada 2013. 

“Saya akan mulai melihatnya,” kata Trump kepada wartawan yang berkumpul pada konferensi pers di klub golf Bedminster, New Jersey, seperti dikutip dari Reuters. Dia mencatat bahwa orang-orang di kiri dan kanan terbagi di Snowden.

“Ini terlihat seperti  keputusan terpisah,” kata Trump.

Baca:

Kisah Mareena, Phd Nuklir Perempuan Pertama dari MIT

Pada 2013 Snowden melakukan aksi yang membuat heboh dunia dengan merilis sejumlah dokumen intelejen terkait kegiatan organisasi. Media Jerman Der Spiegel melaporkan pada saat itu bahwa dokumen tersebut mengungkapkan NSA telah menyadap kantor Uni Eropa di Washington dan menyusup ke jaringan komputer UE.

Pada Oktober 2013, Der Spiegel menerbitkan karya yang mengklaim bahwa AS mengintai telepon Merkel. Tuduhan itu mengarah pada investigasi oleh jaksa federal Jerman yang akhirnya dibatalkan karena kurangnya bukti yang untuk dibawa ke pengadilan.

Pada saat itu, Gedung Putih bersikeras dalam pernyataan bahwa “tidak memonitor dan tidak akan memantau” telepon Merkel.

Baca:

China Bela Huawei Sebut AS Munafik, Panas Lagi Nih?

[Gambas:Video ]

(hps/hps)