Jakarta () – Tiga musisi Tanah Air yaitu Belanegara Abe, Kaleb J, serta Rayi Putra berkolaborasi membentuk karya manis dan dituangkan dalam single bertajuk "Sumthin Bout Love" mengisahkan rasanya jatuh cinta yang membingungkan.

Ini menjadi single pertama Belanegara Abe yang disempurnakan oleh kedua musisi lainnya agar bisa menciptakan karya yang apik dan disukai penggemar musik Tanah Air.

“Lagu ini ceritanya tentang perasaan jatuh cinta yang menggebu-gebu ke seseorang, tapi masih belum yakin apakah ini adalah Cinta yang dicari selama ini,” ujar Belanegara Abe dalam keterangannya membahas single-nya itu, Jumat.

Berkaca dari pengalaman pribadi Belanegara Abe, ia menggambarkan rasa jatuh cinta namun diliputi rasa ragu akan perasaan sesungguhnya yang dimiliki.

Diajaknya Kaleb J dan Rayi Putra di single terbarunya ini adalah selain karena merupakan teman baik dari Belanegara Abe, mereka juga memiliki karakter yang khas di Indonesia.

“Warna suara dan karakter mereka inilah yang menurutku melengkapi rasa di lagu ini,” katanya.

Kaleb dan Rayi mengaku bahwa alasan mereka berdua ingin terlibat dalam lagu ini karena keduanya sangat menyukai lagu ini bahkan saat hanya dalam bentuk demo saja.

Layaknya sihir, keduanya pun sepakat untuk terlibat menyempurnakan lagu dengan kisah "manis" ini.

Baca juga: RAN rayakan 15 tahun kebersamaan dalam "Selalu Bersama"

“Waktu pertama kali dengar lagu ini, aku merasa akan sangat keren kalau ada part rap di lagu ini. Jadi, aku langsung minta ke Abe untuk bisa ngisi rap di lagu ini. Untungnya proses pembuatannya sangat lancar,” kata Rayi.

“Betul, dari awal dengerin aku sudah suka banget sama aransemen lagunya, mulai dari beat sampai konsep lagunya seru banget. Itulah kenapa aku merasa seneng bisa terlibat dalam proses pembuatan lagu ini,” tambah Kaleb.

"Sumthin Bout Love" ditulis oleh Belanegara Abe, Kaleb J, Abraham Edo, Tiffani Helia, dan Rayi Putra.

Selain itu, ada beberapa juga pihak yang ikut terlibat dalam proses pembuatan, yaitu: Axl Giovano pada Keys, Dudi Prastowo pada Bass, Athika Batangtaris pada Backing Vocal, Hery Alesis sebagai Editor.

Proses Mixing dilakukan di Studio 301 Australia oleh Ross Ferraro, sementara Mastering oleh Dimas Pradipta di Summit Studio. Lalu, apa arti Cinta bagi Belanegara Abe, Kaleb J, dan Rayi Putra?

Saat ditanya soal makna cinta, Belanegara Abe menjawab “Cinta adalah perasaan tertulus yang manusia miliki dan itu adalah sebuah ‘pemberian’ dari Yang Maha Kuasa.”

Sementara Kaleb mengartikan cinta, “(Cinta) adalah hal yang menguatkanku sampai hari ini. Aku benar-benar merasa bahwa semua cinta yang datang selalu memberikan pemahaman yang baru dan pemahaman itu membuatku semakin kuat hingga hari ini.”

Rayi juga menambahkan bahwa Cinta adalah penyejuk. “Saat kita menjalankan keseharian, sedang mengalami kesulitan atau bahkan kondisi jiwa yang tidak baik. Adanya seseorang yang mencintai diri kita akan membuat hati kita lebih sejuk sehingga kita akan merasa semua akan baik-baik saja,”

Lewat lagu ini, Belanegara Abe, Kaleb J, dan Rayi Putra berharap lagu ini bisa dinikmati oleh semua orang sehingga mereka dapat merasakan indahnya Cinta sesuai dengan apa yang mereka bertiga rasakan.

Baca juga: Cantika Abigail dan Rayi Putra kolaborasi di lagu "Sign"

Baca juga: RAN akui sulitnya daur ulang lagu sendiri

Baca juga: RAN luncurkan lagu romantis "Saling Merindu"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022