Tambah Lagi Negara Arab yang Vaksinasi Massal Corona

Dokter memperagakan proses vaksinasi saat simulasi pemberian vaksin di Puskesmas Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10). Pemerintah Kota Depok akan menggelar simulasi pemberian vaksin corona. Pemberian vaksin idealnya sebanyak 60 persen dari jumlah penduduk Kota Depok. Adapun yang hadir bukanlah warga sungguhan yang hendak divaksin. Hanya perwakilan dari Pemkot Depok saja. Terdapat sejumlah tahapan alur yang akan diterapkan Pemerintah Kota Depok dalam pemberian vaksin. Orang yang masuk dalam kriteria mendapat vaksin akan diundang untuk datang ke puskesmas. Nantinya mereka duduk di ruang tunggu dengan penerapan protokol kesehatan. Mereka kemudian menunggu giliran dipanggil petugas. Setelah itu masuk ke ruangan untuk disuntik vaksin. Orang yang telah divaksin akan diregistrasi petugas guna memantau perkembangannya secara berkala.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, – Negara timur tengah sudah banyak yang melakukan vaksinasi. Terbaru, Kuwait mulai melakukan program vaksinasi pada Kamis (24/12/2020), sejalan dengan negara-negara di teluk.

Mengutip AFP, Perdana Menteri Kuwait Sheikh Sabah Al-Khalid Al-Sabah menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin . “Vaksin ini aman dan sudah diterima oleh banyak negara”, katanya dikutip Jumat (25/12/2020).

Baca:

Corona Super Ganas Sudah di Negara Tetangga, RI Siap-Siap!

Kuwait menerima 150 ribu dosis vaksin yang di kembangkan oleh perusahaan Amerika Pfizer yang berpartner dengan Jerman BioNTech, Rabu. Kasus Covid -19 di Kuwait sendiri tercatat mencapai 148 ribu, dengan 924 kematian.

Negara Timur Tengah lainnya yang divaksinasi pada Rabu kemarin seperti Qatar dikonfirmasi sudah mencapai 142 ribu kasus dengan 243 kematian dan sudah melancarkan vaksinasi pada Rabu kemarin.

Baca:

RI & Israel Ternyata Sudah Punya Hubungan Erat, Ini Buktinya

Sementara Bahrain tercatat 90 ribu kasus dengan 350 kematian, dengan vaksinasi dari Pfizer-BioNTech dan Sinopharm yang dikembangan oleh perusahaan China. Petinggi di Ibu Kota Manama mengatakan sudah 40 ribu orang yang sudah menerima vaksin.

Di Uni Emirates Arab, Abu Dhabi sudah melancarkan vaksinasi pada 14 Desember 2020 lalu setelah menerima vaksin dari Sinopharm. Sementara di Dubai baru melakukan vaksinasi pada Rabu kemarin dengan vaksin Pfizer – BioNTech. UAE mencatat 200 ribu kasus dengan 645 kematian.

Sementara Arab Saudi yang mencatatkan kasus Covid paling banyak mencapai 360 ribu kasus dengan 6.148 kematian. Dengan memulai vaksinasi pada 17 Desember 2020 lalu.

Sedangkan Oman mencatat 128 ribu kasus dengan 1491 kematian, yang akan melancarkan program vaksinasi pada hari Minggu 27 Desember 2020 mendatang.

(sef/sef)