Wah Semua Orang Bisa ‘Ditelanjangi’ di Internet, kok Bisa?

Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, – Saat ini kita dapat menemukan teman baru dan bersosialisasi lewat internet. Maka itu profil yang dimiliki haruslah mencerminkan citra yang positif.

Dalam memperdalam cara membangun citra positif itu, ada sebuah pedoman yang penting dipelajari yaitu SEO atau Search Engine Optimization.

SEO adalah teknik mengoptimalkan halaman profil situs agar masuk laman satu di situs pencarian semisal Google, tujuannya adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Jon Earnshaw, Chief Product Evangelist Pi Datametrics, menyatakan bahwa SEO sebenarnya dapat diterapkan dalam tingkat personal dan tak hanya korporasi atau organisasi. Dengan SEO, orang bisa mengetahui hampir semua informasi berkaitan dengan seseorang, mulai dengan nama hingga foto dan lainnya.

Baca:

Waduh Nasdaq Melorot! Saham Tesla, Facebook dkk Jeblok

“Contohnya Anda mencari nama saya, nama saya akan muncul dalam laman di Google. Ada juga video, foto. Dalam urusan personal branding, ini penting untuk pekerjaan misalnya untuk mencari kerja,” ujarnya dalam acara ‘Konferensi Press Online SEOCon Jakarta 2021’, Jumat (12/3/2021) sebagaimana dilaporkan Detik inet.

“Jadi Anda mengontrol hasil pencarian tentang tentang diri Anda,” sambungnya.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Viktor Iwan, Founder & CEO DOXA Digital. Menurutnya, SEO bukan hanya ilmu yang penting untuk perusahaan, namun di level pribadi pun mempelajarinya. Apalagi mereka yang memiliki usaha berskala kecil, ini bisa dimanfaatkan untuk memajukan usaha mereka.

“Bahkan sebuah toko di daerah Senen yang tokonya hanya 4×2 bahkan bisa bersaing dengan Tokopedia. Semua bisa bersaing dari segi problem solving-nya. Mereka [ecommerce] hanya satu web experience untuk semua pengguna, sedangkan toko ini bisa lebih fokus untuk pelanggan spesifik,” ujarnya.

Baca:

China Tiba-tiba Hukum Tencent, Baidu & SoftBank Cs, Kenapa?

[Gambas:Video ]

(tas/tas)