5 Peristiwa di Seputar Kepulangan Rizieq Shihab

Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa 10 November 2020. HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

, Jakarta – Sejumlah peristiwa mengiringi kepulangan Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab ke Indonesia pada Selasa, 10 November 2020. Mulai dari disambut oleh ribuan pendukungnya di Bandara Soekarno-Hatta, hingga pidato perdananya di Petamburan. Berikut adalah 5 peristiwa tersebut:

1. Disambut Ribuan Pendukung

Dalam sebuah video yang diunggah Uztad Ahmad Al Habsyi, Rizieq Shihab dilepas oleh puluhan orang saat berangkat dari Arab Suadi pada Senin, 9 November 2020. Di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, kedatangan Imam Besar FPI ini disambut oleh ribuan pendukungnya.

Para pendukung Rizieq mulai mendatangi Bandara Soekarno-Hatta sejak Senin malam, 9 November 2020. Kebanyakan mereka memakai pakaian serba putih-putih dan berkumpul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Rizieq muncul di tengah kerumunan massa dengan mengenakan pakaian berwarna putih, lengkap dengan kain sorban warna serupa. Kemunculannya disambut dengan sorak sorai massa serta pukulan rebana yang meriah. Rizieq menyapa seluruh massa dari berbagai arah sekitar 15 menit dari atas mobil. Rizieq tak memberikan sepatah kata pun.

2. Lalu Lintas Nyaris Lumpuh

Akses menuju Bandara Soekarno-Hatta Selasa pagi nyaris lumpuh karena jalan-jalan utama dipenuhi oleh penjemput Rizieq. “Kalau lumpuh sih tidak, tapi kendaraan bergerak pelan sekali karena semua akses hampir ditutup,” kata Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta, Ajun Komisaris Tugiyo, Selasa.

Tugiyo mengatakan massa pendukung Rizieq sudah mulai datang sejak Senin malam dari arah Tangerang dan Jakarta. Akses satu-satunya yang bisa digunakan adalah jalur alternatif yaitu jalan P1 yang dibuat contraflow.

3. Massa di Petamburan

Massa memadati kawasan Petamburan, Jakarta di sekitar rumah pemimpin Front Pembebasan Islam (FPI), Rizieq Shihab yang juga sejak Selasa pagi, 10 November 2020. Laskar Pembela Islam tampak membuat barikade untuk jalan masuk kendaraan Rizieq ke markas FPI itu.

Beberapa pendukung membawa bendera dengan wajah Rizieq Shihab. Massa lain membawa bendera dengan tulisan kalimat tauhid. Satu mobil komando berada di sana untuk memimpin massa seperti untuk pembacaan doa. Tidak tampak adanya polisi di pusat kerumunan, yaitu di depan gang menuju rumah Rizieq Shihab.

4. Pidato Perdana Rizieq

Rizieq menyampaikan pidato perdana di markas FPI di Petamburan pada Selasa malam, 10 November 2020 dan disiarkan langsung di kanal Youtube FPI, Front TV. Dalam pidatonya, Rizieq menjelaskan mulai dari soal pencekalannya. Ia mengatakan pencekalan dirinya oleh pemerintah Arab Saudi bukan karena melanggar aturan, tapi alasan keamanan. Selain itu, dia mengatakan memiliki dokumen dari Badan Intelijen Negara. Rizieq mengatakan baru akan membuka dokumen itu ke publik dalam keadaan darurat.

5. Dokumen BIN

Rizieq mengatakan untuk meyakinkan pihak intelijen Arab Saudi bahwa dirinya bukan buronan, dirinya menunjukkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan SP3 dan dokumen dari BIN. Dokumen itu belum diungkap ke publik.

“Dokumen ini belum saya buka ke masyarakat. Saya pikir gak ada perlunya saya buka, kecuali darurat,” ucap Rizieq dalam tayangan tersebut. Ia bercerita, dokumen BIN itu ia terjemahkan menjadi bahasa arab untuk ditunjukkan kepada Badan Intelijen Arab Saudi.

“Mereka kaget, lho Anda punya perjanjian begini bagus dengan negara, anda tidak punya masalah kok dilaporkan macam-macam,” kata dia. Menurut Rizieq, setelah itu otoritas di Arab Saudi justru meminta maaf.

JONIANSYAH | ADAM PRIREZA