Bantuan Paket Sembako yang Diminta Anies Mulai Mengalir

Ilustrasi bantuan paket sembako. ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

, Jakarta – Paket sembako bantuan dari perusahaan untuk warga Jakarta mulai mengalir setelah Gubernur DKI Anies Baswedan menggelar rapat online dengan asosiasi bisnis dan perusahaan multinasional. Dalam rapat 28 April 2020 itu, Anies meminta pengusaha ikut beri bantuan paket sembako untuk warga yang membutuhkan. 

Salah satu bantuan sosial dari pengusaha telah diterima Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Kamis 30 April, berupa 5.000 paket sembako dari Grup ITC. Bantuan itu akan diteruskan kepada masyarakat di tingkat kelurahan-kelurahan sekitar ITC di Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah, kami atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada Grup ITC. Amanah ini akan kita sampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan, masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya walaupun secara minimal,” kata Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dalam penerimaan bantuan yang dilangsungkan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis 30 April 2020.

Bantuan itu akan didistribusikan langsung ke  kelurahan yang warganya masih memerlukan bantuan paket sembako.

“Mekanisme penyaluran akan disampaikan kepada lurah, terutama pada yang berdampak, seperti Kelurahan Sumur Batu, Mangga Dua dan Cideng. Itu menjadi prioritas kami,” ujar Bayu.

Bantuan yang akan diterima warga nantinya terdiri dari tiga kilogram beras, satu liter minyak goreng, 10 bungkus mi instan, satu botol sambal dan satu kaleng sarden.

Dalam penyerahan bantuan sosial bagi warga Jakarta Pusat itu, Project Manager ITC Cempaka Mas Priyo Mulyono mengatakan penyerahan bahan pangan melalui Pemerintah Kota dinilai akan lebih tepat sasaran karena Pemkot memegang data warga yang membutuhkan bantuan.

“Kami serahkan semua ke Pemkot. Kami sudah beberapa kali melakukan ke kelurahan dan area lingkungan. Bantuan akan terus diserahkan sampai bulan Ramadan ini. Total bahan pangan ada 5.000 saat ini. Mudah-mudahan bisa bertambah terus,”ujar Priyo.

Priyo berharap dengan adanya bantuan yang diserahkan Grup ITC kepada Pemkot Jakarta Pusat dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19. “Semoga ini bisa membantu. Semua sektor terkena dampak. Kami ingin berbagi kasih aja,” tutup Priyo.

Pemberian 5000 paket sembako itu merupakan bagian dari gerakan ITC Group Peduli yang merupakan bagian dari Sinar Mas Land Group. Tidak hanya melalui pembagian sembako, Sinar Mas Land telah ikut berkontribusi melawan COVID-19 dengan memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 1750 buah ke rumah sakit-rumah sakit rujukan COVID-19.