Benarkan Luhut Bertemu Kader Demokrat, Jubir: Ngobrol-ngobrol Saja

Luhut Binsar Pandjaitan juga pernah ditunjuk sebagai Menteri Perhubungan pengganti Budi Karya Sumadi yang terindikasi positif Corona. REUTERS/Darren Whiteside

, Jakarta – Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, mengakui bosnya pernah bertemu dengan beberapa kader Partai Demokrat.

Jodi mengatakan pertemuan itu berlangsung di kantor Kementerian sekitar Juni 2020. Ia mengatakan pertemuan tersebut juga tanpa rencana. 

Menurut Jodi, bosnya menerima mereka dengan terbuka. “Waktu itu Pak Luhut terima tidak diagendakan atau direncanakan. Pak Luhut kan orangnya terbuka saja,” ujar dia, Kamis, 4 Februari 2021. “Jadi diterima ya sebagai teman saja, ngobrol-ngobrol.”

Jodi juga mengatakan tak ada pembicaraan terkait kudeta Partai Demokrat dalam pertemuan itu.

Baca juga: Pengamat Sebut Ada Upaya Belokkan Isu Kudeta Demokrat Jadi Masalah Soliditas

Jodi menyebut, hubungan Luhut dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono, baik. “Pak Luhut juga pernah terima AHY dan timnya di kediaman, silaturahminya baik dengan Pak SBY dan AHY,” kata Jodi.

Pertemuan Luhut dan kader Demokrat sebelumnya sempat diungkapkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam konferensi persnya Rabu, 3 Februari 2021. Moeldoko menyebut Luhut bercerita pernah ditemui orang-orang yang mengeluhkan kondisi internal Demokrat.

“Pak LBP juga pernah cerita kepada saya, ‘Saya juga pernah didatangi oleh mereka-mereka. (kader Demokrat)’ Case-nya juga sama, tapi enggak ribut begini,” kata Moeldoko.