Beroperasi Penuh Oktober 2020, Tol Balikpapan-Samarinda Punya 2 Rest Area Tipe A

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3 dan 4 di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019. Tol seksi 2,3 dan 4 yang akan melintasi ibu kota baru itu memiliki panjang 57,8 kilometer dari total lima seksi Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

, Balikpapan – Jalan Tol Balikpapan–Samarinda di Kalimantan Timur bakal beroperasi penuh pada Oktober 2020. Bukan hanya dua seksi terakhir yang rampung dikerjakan, tetapi juga lengkap dengan dua sarana pendukung.

Dua sarana pendukung itu ialah rest area tipe A yang ada pada setiap jalur, di jalur arah dari Balikpapan dan arah sebaliknya. “Satu di jalur A, satu di jalur B yang ada di seberangnya. Keduanya tipe A,” kata Usodo, Project Manager PT Jasa Marga Balikpapan–Samarinda pada Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020 seperti dikutip Bisnis.com, Kamis, 13 Agustus 2020.

Yang ada di jalur A sudah beroperasi sejak awal dibukanya pelayanan seksi 2,3, dan 4. Sedangkan untuk di jalur B akan difungsikan bersamaan dengan diresmikannya secara keseluruhan seksi 5 dan 1.

“Saat ini rest area di jalur arah ke Balikpapan itu masuk tahap finishing,” katanya.

Pertumbuhan infrastruktur yang ada di Kalimantan Timur harus juga dibarengi dengan sektor pendukung yang memadai yaitu fasilitas umum untuk pengguna jalan.

Kedua rest area ini dikelola anak perusahaan yakni PT Jasamarga Related Bisnis (JMRB). Untuk pengelolaan dan rencana pengembangannya akan mengikuti aturan yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR No. 10/2018.

Rest area tipe A dilengkapi dengan fasilitas umum meliputi pusat anjungan tunai mandiri dengan fasilitas isi ulang kartu tol, toilet, klinik kesehatan, bengkel, warung atau kios, minimarket, musala, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir.

Selain itu, di rest area pihaknya memperhatikan perekonomian warga sekitar yang dilintasi oleh ruas jalan tol. “Seperti yang ada di sini, kami memfasilitasi UMKM,” ujarnya.

BISNIS

Baca juga: BPTJ: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Beroperasi Penuh Akhir 2020