Burnley vs Crystal Palace 1-0, Chris Wood Berikan Kemenangan Perdana

Pemain Burnley Chris Wood. REUTERS/Jan Kruger

, Jakarta – Burnley memetik kemenangan perdana mereka di Liga Inggris musim ini setelah mengatasi tamunya Crystal Palace 1-0 dalam laga pekan kesembilan di Stadion Turf Moor, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Kemenangan itu diraih Burnley berkat gol cepat yang dicetak Chris Wood pada saat laga baru berjalan delapan menit.

Gol itu diciptakan secara kolektif diawali umpan silang Johann Berg Gudmundsson yang berusaha dihalau Cheikhou Kouyate, tetapi bola bisa diamankan Jay Rodriguez untuk diteruskan ke arah Wood yang melepaskan tembakan keras ke gawang tim tamu.

Keunggulan itu sukses dipertahankan oleh Burnley hingga peluit tanda bubaran, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Burnley sebetulnya berpeluang menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-55 ketika tembakan Gudmundsson sudah menaklukkan kiper Vicente Guaita, tetapi membentur mistar gawang.

Sebaliknya, Crystal Palace yang tak diperkuat Wilfried Zaha karena positif COVID-19 kesulitan untuk menciptakan peluang gemilang kecuali semenit jelang bubaran waktu normal ketika tembakan jarak dekat Christian Benteke bisa dimentahkan oleh kiper Nick Pope.

Kemenangan itu membuat Burnley meninggalkan zona degradasi dan naik ke urutan ke-17 dengan koleksi lima poin, sedangkan Palace tertahan di peringkat ke-10 dengan 13 poin.

Palace akan main lebih dulu dalam rangkaian laga pekan ke-10 Liga Inggris pada Jumat (27 November) dengan menjamu Newcastle United di Selhurst Park, sehari kemudian Burnley bertandang ke markas Manchester City.

Susunan pemain Burnley vs Crystal Palace:

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Johann Berg Gudmundsson (Robbie Brady/Erik Pieters), Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil; Chris Wood, Jay Rodriguez
Pelatih: Sean Dyche

Crystal Palace (4-4-2): Vicente Guaita; Nathaniel Clyne, Cheikhou Kouyate, Scott Dann, Patrick van Aanholt; Andros Townsend, Jairo Riedewald (Jeffrey Schlupp), James McArthur, Eberechi Eze; Michy Batshuayi, Jordan Ayew (Christian Benteke)
Pelatih: Roy Hodgson.