Cara Alami Meredakan Mata Gatal, Irisan Mentimun Hingga Kantong Teh

Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

, Jakarta –  Setiap mata memiliki saluran air mata di sudut dalam yang memungkinkan air mata berlebih mengalir dari mata ke hidung Anda. Saluran ini dikenal sebagai puncta yang mengandung lakrimal caruncle yang terdiri dari kelenjar yang mengeluarkan minyak untuk melindungi mata dari bakteri. Segala jenis iritasi, alergi, infeksi dan lainnya dapat menyebabkan ocular pruritus atau mata gatal.

Mata gatal masalah umum dan bisa terjadi karena perubahan cuaca atau alergi. Beberapa penyebabnya antara lain kelelahan mata yang disebabkan oleh peningkatan waktu layar, mata kering dimana mata tidak mendapatkan cukup lubrikasi, konjungtivitis atau mata merah muda yang merupakan infeksi yang menyebabkan gatal, dan mata terbakar, blepharitis yang menyebabkan peradangan pada kelopak mata atau dermatitis atopik yang menyebabkan kulit gatal dan mata kering. Selain itu, beberapa obat termasuk obat tekanan darah juga dapat menyebabkan mata gatal dan kering.

Jika Anda memakai lensa kontak terlalu lama dapat mengganggu produksi air mata sehingga menyebabkan mata kering dan gatal. Mata gatal terkadang juga bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti sesuatu yang masuk ke mata Anda seperti setitik debu yang dapat menghalangi saluran air mata. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk mengatasi mata gatal di rumah dengan aman tanpa efek samping, seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

Cara meredakan mata gatal

1. Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin pada mata dapat membantu menenangkan mata dan mengurangi rasa gatal secara signifikan. Dapat meredakan pembengkakan dan kemerahan serta melembabkan mata Anda. Menggunakan kompres dingin atau kompres es membantu pengiriman minyak dari kelenjar meibom.

Suhu dingin membantu mengurangi kemerahan pada mata dengan cara mengecilkan pembuluh darah di kulit sekitar mata. Dapat mengurangi sensasi terbakar pada mata. Cukup percikkan sedikit air es ke mata Anda dan kemudian bungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan letakkan di kelopak mata tertutup Anda selama beberapa menit. Anda bisa melakukan ini 2-3 kali sehari untuk meredakan gatal.

2. Kantong teh

Teh mengandung asam tannic yang secara signifikan dapat membantu menenangkan mata yang gatal dan mengurangi kekeringan. Kantong teh hijau mengandung epigallocatechin gallate yang mengurangi peradangan pada mata dan memberikan kelegaan instan dari mata gatal dan kering.

Anda juga bisa menggunakan kantong teh lavender untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi kekeringan. Sifat menenangkan yang ada dalam lavender dapat meredakan iritasi. Menggunakan teh seperti chamomile dan rooibos juga dapat membantu mengobati mata gatal karena memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan.

Untuk menggunakan kantong teh, cukup siapkan secangkir teh dan dinginkan kantong teh tersebut selama 30 menit. setelah memeras cairan dari mereka. Tempatkan di mata Anda dan biarkan selama 15-20 menit.

3. Minyak jarak atau castor oil

Mata gatal bisa diobati dengan minyak jarak yang memiliki sifat anti-inflamasi. Lebih sering daripada tidak, mata gatal bisa disebabkan karena tidak cukupnya kelembapan dan lubrikasi pada mata, yang juga bisa menyebabkan penglihatan kabur dan iritasi. Minyak jarak memiliki efek pelumas pada mata dan dapat membantu mengurangi iritasi dan kemerahan. Ini juga mengurangi kemerahan atau pembengkakan pada mata.

Untuk mengoleskan minyak jarak organik, cukup rendam bola kapas atau penyeka ke dalam minyak dan peras kelebihannya. Letakkan ini di kelopak mata tertutup Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci mata Anda dengan air dingin.

4. Irisan mentimun

Mentimun kaya akan vitamin seperti B6 dan riboflavin dan terdiri dari kalsium dan magnesium. Ini dianggap sebagai salah satu bahan yang paling bermanfaat dan mudah diakses untuk mata. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun melembabkan dan melembabkan kulit di sekitar mata.

Irisan mentimun kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi. Mereka memiliki efek menenangkan pada mata dan membantu mengurangi rasa gatal.

Untuk mengoleskan irisan mentimun pada mata Anda, cukup potong dua irisan dan letakkan dalam air dingin selama 10-15 menit. Letakkan irisan dingin di kelopak mata tertutup Anda selama 10 menit atau sampai hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Susu dingin

Susu dingin adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling aman dan populer untuk mata gatal. Suhu dingin akan mengecilkan pembuluh darah dan menenangkan mata Anda, sehingga mengurangi iritasi dan gatal-gatal. Susu terdiri dari protein dan memberi nutrisi serta melembabkan mata dan kulit di sekitarnya. Asam laktat yang ada dalam susu akan melembutkan area di sekitar mata Anda dan mengurangi kemerahan dan peradangan.

Untuk mengoleskan susu dingin ke mata Anda, cukup rendam kapas atau bola ke dalam susu dan letakkan di kelopak mata tertutup Anda selama 10-12 menit. Lakukan ini 2-3 kali sehari untuk hasil terbaik.