Cara Khloe Kardashian Mengajarkan Anak Membantu Sesama, Mulai dari Donasi Mainan

Khloe Kardashian dan putrinya, True Thompson (Instagram/@khloekardashian)

, Jakarta – Khloe Kardashian mengajarkan berbagi di masa-masa sulit kepada putrinya, True Thompson. Pada hari Rabu, 9 Desember 2020, bintang reality show Keeping Up with the Kardashians itu berbagi video di Instagram tentang donasi hadiah liburan bersama anaknya yang berusia 2 tahun itu. Dia merasa perlu mengajarkan anaknya memberi kepada orang yang membutuhkan. 

Dalam video itu terlihat ibu dan anak itu membawa tas berisi mainan ke stasiun pemadam kebakaran.

“Saat menonton berita, saya menemukan sebuah cerita yang menyebutkan bahwa sumbangan mainan turun lebih dari 50% tahun ini,” tulis Kardashian memulai  keterangannya. “Tentu saja tahun ini sangat tragis bagi banyak orang. Tahun ini begitu banyak orang, dapat dimaklumi begitu, tidak dapat memberi kembali seperti dulu. Tapi ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk memberi kembali.”

Dia mengatakan bersikap baik kepada sesama itu bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Di masa-masa kelam seperti ini, orang membutuhkan kebaikan dan kasih sayang lebih dari biasanya. Ini bisa dilakukan dengan hanya menelepon teman atau keluarga yang kesepian, menunjukkan bahwa mereka tidak sendirian dan dicintai.

“Saya tahu True masih kecil tapi menurut saya penting baginya untuk memahami betapa diberkati dan beruntungnya dia,” ujar Khloe yang berbagi True dengan pebasket Tristan Thompson. “Sangat penting baginya untuk melihat bagaimana kita memberi kembali kepada orang lain, terutama di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Anak-anak belajar dengan tindakan dan konsistensi. Ini baru pertama dari banyak perjalanan yang kita lakukan.”

Khloe Kardashian mengajarkan putrinya, True Thompson, 2, membantu sesama dengan mendonasikan mainan melalui stasiun pemadam kebakaran pada Rabu, 9 Desember 2020. (Instagram/@khloekardhasian)

Dia menegaskan unggahan videonya bukan untuk pamer. Dia merasa terdorong membagikannya karena begitu banyak orang yang bertanya tentang cara membantu sesama di masa seperti ini.

Satu-satunya alasan dia memposting ini adalah karena banyak pesan dan komentar yang menanyakan di mana harus berdonasi, atau bagaimana cara membantu.

“Jika Anda dapat menyumbangkan mainan atau pakaian hangat, silakan periksa daerah Anda,” katanya. “Stasiun pemadam kebakaran, toko bahan makanan, gereja. Ada banyak sekali bisnis kecil yang bisa Anda bantu, atau bahkan orang asing di jalan. Selamat Liburan dari True dan saya,” kata dia.

Khloe Kardashian terlihat penuh semangat. Tapi di awal pandemi COVID-19 dia mengaku tidak termotivasi.

“Pada awal [karantina] saya tidak termotivasi. Selama dua minggu, saya hanya agak stagnan dan di rumah dengan putri saya menonton terlalu banyak berita, yang terlalu beracun,” katanya kepada People, Oktober lalu. “Dan kemudian saya berpikir, ‘Anda tahu apa? Saya harus [bertepuk] keluar dari ini, bangun, pergi ke gym, menjaga rutinitas saya.’”

Rutinitas sederhana, seperti jalan-jalan ke luar rumah bersama True selama 30 menit untuk mencari udara segar atau menggerakkan badan sudah membuatnya merasa lebih baik.

“Hal-hal kecil itulah yang membuat saya merasa sangat baik dan kemudian membuat saya baik-baik saja untuk menghadapi hal-hal yang lebih besar,” ujar Kardashian saat itu.