Covid-19, Otoritas Queensland Cabut Izin Travel Kapal Pesiar Mewah

Kapal Pesiar Lady Pamela. Northern Star

Queensland – Kepala Kesehatan Queensland, Australia, Jeannette Young, mencabut izin perjalanan bagi pengusaha kaya Mark Simonds di tengah pembatasan kegiatan publik terkait pencegahan pandemi Covid-19.

Simonds dan enam orang lain berlayar menggunakan kapal pesiar mewah dari Melbourne menuju Gold Coast, Queensland.

“Simond dan keluarga mendapat pengecualian untuk memasuki Queensland pada Selasa tapi pada Selasa malam pengecualian itu dicabut,” kata Young seperti dilansir ABC Net pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Otoritas kesehatan Queensland mengatakan izin diberikan karena adanya informasi yang tidak lengkap dari pemilik kapal pesiar itu.

Izin hanya diberikan kepada kapal yang telah berada di laut selama 14 hari tanpa mengunjungi daerah yang menjadi titik panas Covid-19.

Otoritas mengatakan setiap upaya untuk melewati atau memanipulasi perbatasan Queensland tidak bisa diterima.

“Sekarang semua orang di dalam kapal pesiar itu wajib menjalani karantina 14 hari dengan membayar hotel karantina yang telah ditunjuk pemerintah,” begitu dilansir ABC Net.

Simonds berlayar dengan kapal pesiar The Lady Pamela, yang dimilikinya, dan meninggalkan dermaga di Melbourne pada 9 Agustus untuk perjalanan selama 15 hari.

Kapal pesiar ini sempat berhenti di sejumlah lokasi di sepanjang pantai New South Wales, yang menjadi salah satu titik panas pandemi Covid-19. Kapal pesiar dan rombongannya lalu tiba di dermaga Coomera di daerah Gold Coast, Queensland, pada Senin pagi.

Sumber:

https://www.abc.net.au/news/2020-08-25/queensland-coronavirus-yacht-quarantine-exemption-revoked/12594902