David Alaba Pindah ke Real Madrid dari Bayern Muenchen, Dikontrak 5 Tahun

, Jakarta – David Alaba telah resmi menandatangani kontrak dengan Real Madrid. Pemain serba bisa asal Austria itu bergabung dengan Los Blancos sebagai pemain bebas transfer dari Bayern Muenchen setelah lebih dari satu dekade membela raksasa Bundesliga tersebut.

Alaba menyetujui kontrak lima tahun di Santiago Bernabeu. Pemain 28 tahun itu akan diperkenalkan secara resmi setelah Euro 2020 yang berlangsung bulan depan, seperti pernyataan resmi klub dikutip Reuters, Sabtu, 29 Mei 2021.

Alaba adalah rekrutan pertama Real Madrid untuk musim depan setelah menjalani musim yang mengecewakan. Mereka kalah dalam perebutan gelar Liga Spanyol dari rival sekota, Atletico Madrid dan dikalahkan di semifinal Liga Champions oleh Chelsea.

Zinedine Zidane mengundurkan diri sebagai pelatih Real Madrid pada Jumat setelah klub mengalami musim nirgelar pertama mereka dalam 11 tahun.

Alaba telah membuat 431 penampilan untuk Bayern di semua kompetisi, mencetak 33 gol dan memberikan 55 assist. Bersama klub tersebut, ia mengoleksi trofi yang cukup banyak, termasuk 10 gelar Bundesliga, enam Piala Jerman ditambah dua mahkota Liga Champions.

Lebih sering main di bek tengah, Alaba bisa menjadi bek paling berpengaruh bagi Real Madrid selama beberapa tahun mendatang karena kontrak kapten Sergio Ramos akan habis sebentar lagi. Menurut laporan media, Raphael Varane juga terancam meninggalkan Santiago Bernabeu.

Alaba bergabung dengan tim muda Bayern pada 2008 dan melakukan debutnya di Bundesliga pada 2010. Ia sebelumnya mengungkapkan keinginannya meninggalkan klubnya pada Februari lalu demi mencari tantangan baru

Bayern Muenchen menarik penawaran kontrak mereka untuk David Alaba pada November tahun lalu setelah proses negosiasi panjang selama berbulan-bulan mengenai gaji tahunan pemain tersebut sebelum akhirnya pindah ke Real Madrid.

Baca Juga: Presiden Barcelona Temui Agen Cristiano Ronaldo, Alaba dan Erling Haaland