Della Dartyan Main Film Tarian Lengger Maut: Belajar Menari Sampai Nyekar

 Jakarta – Aktris Della Dartyan mengaku sempat ragu saat menerima tawaran menjadi pemeran utama dalam film Tarian Lengger Maut. Sebab dalam film bergenre thriller berbalut misteri itu, Della harus memerankan karakter Sukma, seorang penari lengger.

“Ini adalah tantangan sendiri. Kita harus bisa segala hal yang kita tahu enggaak bisa, tapi harus bisa,” kata Della dalam konferensi pers virtual peluncuran trailer dan poster Tarian Lengger Maut pada Jumat, 23 April 2021. “Jadi aku coba. Aku menantang diri sendiri untuk mengambil proyek ini dan memerankan Sukma.”

Perempuan yang gemar berolahraga ekstrem ini harus belajar tari lengger secara intensif di Banyumas selama 1,5 bulan. Della diajari langsung oleh seorang penari lengger perempuan senior dan seorang penari lengger laki-laki. Tak hanya belajar menari, Della sebelumnya juga melakukan riset langsung ke Banyumas dan tinggal di rumah penari lengger perempuan senior selama tiga hari.

“Aku mau melihat dan merasakan keseharian mereka. Aku mau belajar budaya tari lengger ini seperti apa,” katanya. Della Dartyan tinggal bersama penari lengger perempuan senior yang dia panggil biyung atau ibu dalam bahasa Jawa.

Poster Film Tarian Lengger Maut. Dok. Visinema Pictures

Della juga berziarah ke makam penari lengger panutan di desa itu dan melihat langsung pertunjukan tari lengger dalam sebuah acara khitanan di sebuah desa. Meski tari lengger kerap dianggap sebagai sesuatu yang negatif, Della Dartyan melihat tari lengger sebagai bagian dari kesenian yang menghibur masyarakat. “Masyarakat di sana masih percaya ada sesuatu di dalam tarian ini,” katanya.

Film Tarian Lengger Maut yang disutradarai oleh Yongki Ongestu bercerita tentang misteri di Desa Pageralas. Satu per satu penduduknya menghilang secara misterius. Peristiwa itu terjadi seiring dengan munculnya dokter Jati yang diperankan oleh Refal Hady.

Kemudian seorang penari lengger bernama Sukma menjalani ritual untuk penerimaan Indang. Masyarakat percaya penari yang memiliki Indang dapat mempesona penontonnya sekaligus melindunginya.

Visinema Pictures bersama Aenigma Pictures resmi meluncurkan official poster dan trailer film Tarian Lengger Maut pada Jumat, 23 April 2021. Tarian Lengger Maut dijadwalkan tayang serentak pada Kamis, 13 Mei 2021 di seluruh bioskop Indonesia. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Baca juga:
Refal Hady Keluar dari Zona Nyaman Saat Membintangi Film Tarian Lengger Maut