Elektabilitas Tinggi di Banyak Survei Capres, Prabowo: Oh Ya?

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto enggan berkomentar ihwal namanya yang selalu muncul dalam survei calon presiden 2024. Dalam sejumlah sigi, Prabowo selalu menempati posisi tiga besar dengan elektabilitas belasan persen.

“Oh ya?” kata Prabowo saat ditanya perihal ini di kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Mei 2021.

Prabowo tak berkomentar lebih lanjut soal hasil sigi tersebut. Ia pun tidak menjawab saat ditanya apakah akan kembali maju di Pilpres 2024.

“Ini mobil saya ya,” kata Prabowo lalu bergegas menuju mobilnya.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini, elektabilitas Prabowo berada di posisi ketiga dengan 11,1 persen. Posisi pertama dan kedua ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sedangkan hasil survei Litbang Kompas mencatat Prabowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 16,4 persen, disusul Anies dan Ganjar.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan masih terlalu dini membicarakan pencapresan 2024. Ia mengatakan Gerindra saat ini masih dalam tahap konsolidasi untuk menguatkan partai hingga ke akar rumput.

Menurut Dasco, ada saatnya Gerindra akan membahas siapa yang bakal diusung di Pilpres 2024. Meski begitu, ia tak menampik ada usulan di internal partai agar Gerindra mencalonkan Prabowo. “Kalau soal peluang, usulan memang ada tapi sampai sekarang di DPP belum pernah kami bahas dan juga spesifik pada Pak Prabowo belum pernah kami bicarakan. Santai aja santai,” ujar Dasco.

BUDIARTI UTAMI PUTRI

Baca: Prabowo Sebut PKS Boleh Koreksi Gerindra yang Kini Masuk Koalisi Jokowi