Fakta Liga Conference, Kompetisi Baru Pendamping Liga Champions dan Liga Europa

, Jakarta – Mulai musim 2021/22 UEFA akan menyelenggarakan tiga kasta kompetisi klub Eropa dengan digelarnya edisi perdana ajang strata ketiga yakni Liga Conference (UEFA Conference League). Liga itu akan mendampingi Liga Champions dan Liga Europa yang selama ini sudah ebrlangsung.

Kehadiran Liga Conference terutama sangat mempengaruhi Liga Europa, yang bakal mendapat pengurangan jumlah peserta serta mengubah format babak gugurnya.

Berikut adalah penjelasan singkat tiga kompetisi antarklub Eropa musim depan:

Liga Champions

Trofi Liga Champions.

Kendati UEFA baru-baru ini mengumumkan format baru yang kesohor sebagai Swiss Model, sistem liga tunggal itu baru akan diberlakukan pada musim 2024/25, tentunya jika nasibnya lebih baik dibanding proyek Liga Super Eropa dalam menghadapi kritik dari publik yang mengalir sama derasnya.

Partai final Liga Champions 2021/22 dijadwalkan akan dilangsungkan di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia pada 28 Mei 2022.

Krestovsky sebetulnya dijadwalkan menggelar final 2021, tetapi pandemi COVID-19 memaksa UEFA merelokasi final edisi 2020 lalu sehingga memundurkan urutan venue-venue final yang sebelumnya sudah diputuskan.

Selanjutnya: Liga Europa dan Liga Conference

123
Selanjutnya