Geger di All England 2021, Ini Aturan NHS Soal Isolasi Mandiri Covid-19

, Jakarta – Federasi Badminton Dunia (BWF) telah memberi klarifikasi atas gejolak yang dialami tim bulutangkis Indonesia di arena turnamen bergengsi All England 2021 di Birmingham, Inggris. BWF dan juga federasi badminton Inggris menegaskan kalau keputusan yang memaksa seluruh anggota tim Indonesia menjalani isolasi mandiri Covid-19 selama 10 hari–karenanya harus mundur dari turnamen–sepenuhnya berasal dari National Health Service (NHS).

Bersama seluruh anggota tim Indonesia yang kecewa tersebut, instruksi yang sama menyusul diberikan kepada seorang pemain Turki, Neslihan Yigit. Pemain tunggal putri itu sebelumnya menumpang pesawat yang sama dengan tim Indonesia yang transit di Turki sebelum mendarat di Inggris.

Baca juga:
Inggris Perpanjang Isolasi Mandiri OTG Covid-19 dari Seminggu Jadi 10 Hari

Menurut BWF, seorang penumpang di pesawat itu–yang tidak diumumkan identitasnya–telah terkonfirmasi positif Covid-19 oleh NHS. “Itu artinya seluruh pemain dan ofisial yang menumpang pesawat yang sama harus isolasi mandiri selama 10 hari, seperti yang diperintahkan NHS bagian uji dan lacak (test and trace),” bunyi pernyataan BWF.

menelusuri ketentuan yang dimaksud dan menemukannya dalam laman www.gov.uk yang berisi Panduan NHS Test and Trace: apa yang harus dilakukan jika Anda termasuk kontak erat. Pada bagian kedua dari panduan itu disebutkan orang-orang yang memiliki kontak erat dengan seseorang yang terinfeksi virus corona.

“Bagian ini berlaku untuk mereka yang telah teridentifikasi sebagai kontak erat oleh NHS Test and Trace,” bunyinya.

Di sana disebutkan di antaranya denda mulai dari 1000 Pound Sterling atau lebih dari Rp 20 juta jika protokol isolasi mandiri tak dijalankan secara penuh. Berikut ini bunyi ketentuan tentang permintaan untuk isolasi mandiri Covid-19 tersebut,

1. Bagaimana Anda bisa termasuk yang diminta isolasi mandiri

Jika kami mengidentifikasi Anda sebagai seseorang yang belum lama ini telah melakukan kontak dekat seseorang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona, kami akan memberi notifikasi agar Anda harus menjalani isolasi mandiri berdasarkan rekomendasi medis dan hukum yang berlaku.

Isolasi mandiri ini berkekuatan hukum jika Anda teridentifikasi sebagai kontak dan diminta isolasi mandiri oleh NHS Test and Trace. Kegagalan untuk isolasi mandiri secara penuh bisa berakibat denda, mulai dari £1000.

Anda mungkin merasa baik-baik saja dan tidak memiliki gejala, tapi tetap diharuskan mengikuti rekomendasi yang sudah disampaikan.

Baca:
Heboh Vaksin AstraZeneca dan Penggumpalan Darah, Ini Kronologisnya

Ini karena, jika Anda terinfeksi, Anda bisa menularkannya kepada orang lain. Beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala sama sekali dan karenanya krusial menjalankan isolasi mandiri untuk menghindari penularan virus yang tidak disadari.

12
Selanjutnya