Hasil French Open: Final Ideal Tercipta, Djokovic dan Nadal Berebut Gelar Juara

Novak Djokovic. REUTERS/Gonzalo Fuentes

, Jakarta – Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, lolos ke final French Open 2020 dengan mengalahkan petenis Yunani Stefanos Tsitsipas dengan skor 6-3 6-2 5-7 4-6 6-1 di Paris, Prancis, Sabtu dinihari WIB.

Petenis asal Serbia itu selanjutnya akan bertemu dengan juara Prancis Terbuka 12 kali, Rafael Nadal. Final ideal antara unggulan pertama dan kedua itu akan berlangsung Ahad malam WIB. Nadal akan mengejar gelar grand slam ke-20, sekaligus menyamai rekor Roger Federer.

Djokovic mengakui dalam posisi kurang diunggulkan di final nanti. “Di sini, dia (Nadal) adalah favorit, ini rumahnya. Dengan semua gelar yang dia menangkan … tetapi pada 2015 saya menang di sini melawan dia di perempat final,” kata Djokovic.

“Saya harap saya bisa memulihkan diri. Saya membutuhkan tenis terbaik saya. Ini mungkin tantangan terbesar dalam olahraga untuk melawan Nadal di Roland Garros. Saya menantikannya, saya senang berada di sini dan termotivasi untuk menang.”

Baca Juga: Begini Cerita Rafael Nadal Saat Lolos ke Final French Open 2020 

Djokovic mampu menang mudah atas Tsitsipas dalam dua set pertama semifinal French Open itu. Tapi lawan yang berusia 22 tahun, memberi perlawanan dan merebut set ketiga.

Di usia 33 tahun, Djokovic lantas menunjukkan keunggulan stamina dan merebut set keempat dan kelima. Ia mengalahkan lawannya dalam waktu tiga jam dan 54 menit di Court Philippe Chatrier.

“Kami harus memberi selamat kepada Stefanos untuk pertarungan hebat ini. Pada akhirnya dia jelas lelah, itu tidak mudah setelah empat jam,” kata Djokovic. “Dia pemain yang sangat bagus dan saya mendoakan yang terbaik untuk kariernya.”

“Saya tenang di permukaan tetapi di dalam ada sesuatu yang sangat berbeda. Saya pikir setelah kehilangan set ketiga, dan set keempat, saya masih solid.”

Novak Djokovic pernah menjuarai Roland Garros pada 2016. Ia kini sudah mengoleksi 17 gelar grand slam.

REUTERS