Hasil Liga Inggris: Arsenal Menang Atas Leeds United 4-2, Aubameyang Hattrick

Aubameyang saat mencetak tiga gol untuk Arsenal ketika mengalahkan Leeds United, Ahad, 14 Februari 2021.

, Jakarta – Pierre-Emerick Aubameyang mencetak hat-trick saat Arsenal mengakhiri tiga pertandingan tanpa kemenangan di Liga Inggris. Bermain di Emirates Stadium, The Gunners berhasil menang atas Leeds United dengan skor 4-2.

Aubameyang membuka skor pada menit ke-14 sebelum menggandakan keunggulan timnya dari titik penalti di menit ke-41. Bek kanan Hector Bellerin mencetak gol ketiga di ujung babak pertama. Setelah turun minum, Aubameyang melengkapi hat-tricknya dengan sundulannya pada menit ke-47.

Tertinggal 4-0, Leeds berhasil memperkecil ketertinggalan dengan mencetak dua gol di babak kedua. Gol diciptakan melalui Pascal Struijk dan pemain pengganti, Helder Costa.

Pada pertandingan itu, Arsenal langsung menekan Leeds United sejak menit pertama. Namun, malah Leeds yang terlebih dulu mendapatkan peluang setelah Patrick Bamford menyundul bola ke arah gawang Bernd Leno pada menit ke-14. Beruntung, kiper asal Jerman itu masih bisa menepisnya.

Baca juga : Jadwal Liga Europa: Pertandingan Arsenal dan Tottenham Pindah Lokasi

Arsenal bisa unggul melalui Aubameyang setelah ia berhasil memanfaatkan umpan Granit Xhaka. Arsenal tampil agresif setelah gol tersebut. Pada menit ke-35, Liam Cooper dianggap wasit melanggar Bukayo Saka di kotak penalti. Namun, VAR mengintervensi keputusan wasit sehingga penalti batal diberikan.

Saka tidak berhenti di situ. Pemain berusia 19 tahun itu merepotkan barisan pertahanan Leeds yang kembali memaksa menjatuhkannya di kotak penalti. Aubameyang yang menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil menggandakan keunnggulan. Sebelum turun minum, Bellerin menjaringkan gol ketiga Arsenal.

Arsenal memulai babak kedua. Aubameyang menyundul umpan silang Emile Smith Rowe untuk mencetak hat-trick keduanya untuk Arsenal. Tiga gol dalam satu pertandingan ini adalah yang pertama sejak The Gunners mengalahkan Valencia 4-2 di Liga Europa pada Mei 2019.

Setelah kebobolan empat gol, Leeds tampil lebih berbahaya. Sundulan Struijk dari tendangan sudut Raphinha pada menit ke-58 memicu semangat tim asuhan Marcelo Bielsa tersebut. Gol tersebut digenapi Helder Costa yang mencetak gol pada menit ke-69. Arsenal pun bermain dalam tekanan dan terpaksa bermain lebih bertahan di menit akhir pertandingan.

Dengan hasil tersebut. Arsenal melompati Leeds untuk menempati urutan ke-10 klasemen Liga Inggris. Tim asuhan Mikel Arteta ini pun berselisih enam poin dari posisi empat besar.