Hasil UEFA Nations League 2020: Spanyol Lolos dengan Pesta Gol, Swedia Degradasi

Ferran Torres merayakan gol bersama rekannya di Timnas Spanyol. REUTERS/Marcelo Del Pozo

, Jakarta – Timnas Spanyol lolos ke babak semifinal UEFA Nations League 2020 setelah mengalahkan tamunya, Jerman, dengan skor 6-0 dalam laga di Stadion de La Cartuja, Rabu dinihari WIB, 18 November 2020.

Spanyol tampil meyakinkan dalam pertandingan itu. Tim asuhan Luis Enrique itu mendapat tiga gol berkat hat-trick Ferran Tottes. Gol lainnya diciptakan Alvaro Morata, Rodri, dan Mikel Oyarzabal.

Hasil ini mengantar Spanyol memuncaki klasemen akhir Grup A4. Mereka mengemas nilai 11, unggul 2 poin dari Jerman.

Dari grup sama, laga Swiss vs Ukraina dibatalkan karena kasus Covid-19 di tim Ukraina. Penetuan tim terdegradasi ini pun masih tertunda.

Dari Grup A3, Prancis yang sudah lolos mengalahkan tamunya, Swedia, 4-2. Les Bleus meraih dua gol dari Olivier Giroud dan gol dari Benjamin Pavard serga Kingsley Coman. Gol Swedia diceploskan Viktor Claesson dan Robin Quaison.

Pada laga lain, Portugal menang 3-2 saat berlaga di kandang Kroasia. Kroasia harus bermain 10 orang sejak menit 51 karena Marko Rog terkena kartu merah.

Kroasia unggul lebih dahulu lewat gol Mateo Kovacic. Portugal berbalik unggul, setelah lawan berkurang jadi 10 orang, lewat gol Ruben Dias dan Joao Felix.

Kroasia sempat menyamakan kedudukan lewat gol kedua Kovacic. Tapi, Portugal berbalik unggul lagi lewat gol Ruben Dias.

Prancis yang sudah lolos sejak laga sebelumnya, memuncaki klasemen akhir Grup A3 dengan nilai 16, unggul tiga poin dari Portugal. Swedia terdegradasi ke Liga B setelah hanya menempati posisi buncit klasemen dengan nilai 3, kalah selisih gol dari Kroasia.

Hasil UEFA Nations League

Grup A3
Kroasia vs Portugal 2-3
Prancis vs Swedia 4-2.

Grup A4
Spanyol vs Jerman 6-0
Swiss vs Ukraina (dibatalkan).