Honda Optimis Tren Positif Penjualan Mobil Bertahan hingga Akhir 2020

Honda berencana meluncurkan mobil baru Honda HR-V dengan mesin 1.500 cc dan 1.800 cc pada 2014. Varian ini akan menjadi penantang mobil Mitsubishi Outlander (Foto: Honda.com)

Jakarta– PT Honda Prospect Motor (HMP) kembali mencatatkan peningkatan penjualan mobil di Indonesia selama enam bulan berturut-turut pada penghujung tahun 2020.

Sebanyak 7.455 unit mobil Honda yang terjual pada November lalu secara retail, meningkat 13,6 persen dibandingkan penjualan bulan lalu.

Dalam Konferensi Pers Virtual: Update Penjualan Akhir Tahun dan Pencapaian Program  PT HPM 2020, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy menerangkan, secara total Honda tercatat telah mengumpulkan penjualan sebesar 69.564 unit di tahun 2020 ini.

“Kami optimis bisa mempertahankannya sampai akhir tahun,” ujar dia hari ini, Kamis, 10 Desember 2020.

Meskipun pasar otomotif belum sepenuhnya stabil, Billy menjelaskan, tapi Honda bersyukur bahwa dapat terus mempertahankan pertumbuhan penjualan mobi positif hingga November lalu.

Capaian penjualan mobil tersebut juga tidak lepas dari kontribusi dealer-dealer yang terus menjaga konsumennya.

Pencapaian pasar di akhir tahun ini, dia melanjutkan, akan memiliki peran penting di tahun depan. Billy berharap berbagai sentimen positif seperti datangnya vaksin semakin mendorong pertumbuhan pasar otomotif di tahun depan.

“Kami berhartap kondisi pandemi berakhir dan bisa melakukan aktivitas normal,” tutur Billy. 

Data PT HPM menyebutkan penjualan mobil Honda terbesar pada November 2020 datang dari Honda Brio Satya, Honda Brio RS, dan Honda HR-V 1.5 L.

Sepanjang November lalu, penjualan mobil Honda Brio Satya 3.067 unit, diikuti Honda Brio RS sebanyak 1.190 unit.

Secara total, penjualan mobil Honda Brio memberikan kontribusi sebesar 57 persen dari total penjualan Honda pada November 2020.