Ingin Lanjut S2 dan S3? Kenali Berbagai Kategori Beasiswa LPDP Sesuai Sasaran

, Jakarta – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP menyelenggarakan beberapa program beasiswa magister/doktor yang terdiri atas 3 program beasiswa yang terdiri dari Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted Group, dan Beasiswa Umum.

Ketiga jenis program beasiswa tersebut memiliki beberapa turunan jenis beasiswa lainnya. Kemudian program beasiswa LPDP ini juga memiliki beberapa komponen dana yang akan diberikan seperti Dana Pendidikan, Dana Pendukung, Dana Tambahan Khusus Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, dan Dana Tambahan Khusus Beasiswa Penyandang Disabilitas.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia, dan mendukung program beasiswa lainnya dari lementerian/lembaga terkait.

Beasiswa LPDP ini adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di perguruan tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Program Beasiswa LPDP ini ditujukan untuk peningkatan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi rakyat Indonesia, dengan tetap mengedepankan aspek kualitas pendidikan dan diharapkan dapat menjadi lokomotif kemajuan bangsa Indonesia.

Selain itu beasiswa ini juga memiliki tujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan.

Program-program beasiswa yang disediakan ini juga diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan, berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral, dan memiliki rencana kontribusi pasca studi untuk kemajuan Indonesia.

Beasiswa LPDP terdiri atas 3 program beasiswa yang terdiri dari Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted Group, dan Beasiswa Umum.

Beasiswa afirmasi ini juga terdiri dari beberapa turunan seperti beasiswa daerah afirmasi, beasiswa Indonesia Timur, beasiswa penyandang disabilitas, easiswa prasejahtera berprestasi, beasiswa alumni bidikmisi, beasiswa prestasi olahraga internasional, beasiswa prestasi seni internasional dan beasiswa santri.

Beasiswa Targeted Group juga terdiri dari beberapa jenis beasiswa seperti beasiswa PNS/TNI/POLRI, Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) / Beasiswa Pendidik, dan beasiswa olimpiade internasional. Lalu ada juga beasiswa reguler, beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, beasiswa Dokter Spesialis dan beasiswa Disertasi yang masuk ke dalam kategori beasiswa umum.

Lalu untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi tujuan, program beasiswa LPDP ini nantinya akan memberikan sejumlah biaya kepada penerima beasiswa yang meliputi beberapa komponen dana seperti Dana Pendidikan, Dana Pendukung, Dana Tambahan Khusus Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, dan Dana Tambahan Khusus Beasiswa Penyandang Disabilitas.

TEGUH ARIF ROMADHON

Baca juga: 7.300 Kuota Beasiswa LPDP Bagi Calon Guru SMK, Simak Syarat dan Jadwalnya