Ini Link Siaran Langsung Vaksinasi Covid-19 Perdana kepada Presiden Jokowi

Petugas mengangkut vaksin COVID-19 Sinovac ke dalam mobil untuk didistribusikan di gudang vaksin (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Selasa 12 Januari 2021. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mulai mendistribusikan vaksin  COVID-19 Sinovac ke dua daerah penerima vaksin tahap I yaitu Kota Palembang sebanyak 23.600 dosis dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sebanyak 6.400 dosis. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

, Jakarta – Hari ini, Rabu, 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjalani vaksinasi Covid-19 perdana di Indonesia.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan proses vaksinasi Jokowi akan disiarkan langsung. Meski begitu, ia belum dapat memastikan di mana Jokowi akan menjalani vaksinasi.

“Saat penyuntikan perdana tersebut juga akan disiarkan secara live streaming. Jadi prosesnya seperti apa, bisa dilihat langsung,” kata Bey, Selasa, 12 Januari 2021.

Pada Selasa, 12 Januari 2021 malam, saluran YouTube Sekretariat Presiden sudah mengunggah link atau tautan untuk siaran langsung vaksinasi Covid-19 kepada Presiden Jokowi. Dari tautan yang sudah diunggah ini, rencananya proses vaksinasi presiden akan dimulai pukul 09.00 WIB. Siaran langsung tersebut bisa diakses di sini.  

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan emergency use of authorization (EUA) terhadap Vaksin Sinovac yang akan digunakan Jokowi. Vaksin buatan perusahaan farmasi asal Cina itu sebelumnya telah cukup lama menjalani uji klinis tahap 3 di Bandung, Jawa Barat. Vaksin ini juga telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga telah mengkonfirmasi bahwa vaksin yang akan diterima Presiden adalah vaksin buatan Sinovac. Vaksin yang sama, saat ini telah tiba dalam jumlah besar di Indonesia dan telah didistribusikan ke 34 provinsi.

Jika sesuai rencana, setelah vaksinasi terhadap Presiden, program imunisasi secara nasional juga akan langsung dimulai. Prioritas pertama penerima vaksin Covid-19 ini adalah para tenaga kesehatan.