Jengkelnya Sebastian Vettel soal Strategi Ferrari di F1 70th Anniversary GP

Mobil pembalap Ferrari Sebastian Vettel berputar dalam balapan F1 70th Anniversary GP di Sirkuit Silverstone, Inggris. Doc. Motorsport.

, Jakarta – Pembalap Ferrari Sebastian Vettel mengkritik strategi timnya dalam seri balap F1 70th Anniversary GP di Sirkuit Silverstone, Inggris. Menurut dia, yang dilakukan Ferrari terhadap mobilnya sebagai strategi yang tidak masuk akal. “Kami berbicara pagi ini, bahwa tidak ada gunanya mengadu dan mengetahui bahwa saya akan mengalami kemacetan. Itulah yang kami lakukan,” kata dia, dikutip dari Motorsport, Ahad, 9 Agustus 2020.

Pembalap asal Jerman itu turun ke barisan belakang pada lap pertama. Mobil Vettel berputar pada tikungan pertama, meskipun ia mulai membuat kemajuan dengan memperbaiki catatan waktu dan urutannya. Masalahnya, menurut dia, panggilan dari tim Ferrari membuatnya terjebak dalam kebuntuan. Vettel pun mengungkapkan kekesalannya di radio tim dengan menunjukkan bahwa tim telah mengacaukan balapannya.

Pada akhirnya, Vettel tidak bisa lebih baik dari posisi ke-12. Sedangkan, rekan setimnya Charles Leclerc memberikan performa maksimal untuk mobilnya dengan merebut posisi keempat. Merefleksikan pesan radionya, Vettel mengatakan kepada Sky F1 bahwa, “Kami mengetahui bahwa kami akan mengalami kemacetan. Kami juga menggunakan ban keras, yang kemudian kami hanya menggunakannya sekitar 10 lap, mungkin bahkan tidak. Jadi itu tidak masuk akal.”

Sebastian Vettel mengatakan, “Maksud saya, mengapa Anda menggunakan ban keras untuk 10 lap dan kemudian menempatkan medium untuk 20 lap berikutnya? Saya kehabisan ban menjelang akhir balapan. Jadi kami berbicara tentang itu. Saya kira ini bukan pekerjaan terbaik yang bisa kami lakukan hari ini.”

Perjuangan Vettel di Silverstone terjadi seminggu setelah kesulitan yang hampir sama di GP Inggris. Ia tidak pernah merasa nyaman dan menyatu dengan mobil SF1000. Menurut dia, tidak ada peningkatan apapun dalam dua balapan terakhir. “Sejujurnya, saya pikir kecepatan saya sama untuk kedua balapan di Silverstone, saya tidak berpikir ada peningkatan,” katanya.

“Perasaannya sedikit lebih baik daripada minggu lalu, tapi penampilannya sama. Kecepatannya sama. Dan itu adalah tanda tanya, tapi saya tidak bisa berbuat banyak tentang itu. Saya harus mencoba untuk terus melakukan yang terbaik dan tetap tenang sebanyak mungkin, melihat ke depan untuk pekan depan.”

Ia meneruskan, “Kami telah melalui dua minggu yang sangat buruk. Saya tidak tahu apa yang terjadi dalam hal kecepatan. Ini sedikit aneh. Ini jelas bukan hari terbaik bagi saya sekarang, ini sedikit membuat frustrasi.”

“Saya mencoba melakukan sesuatu hari ini, tetapi cara saya berputar di lap pertama tidak membantu. Saya tidak tahu apa yang terjadi, karena saya mencoba untuk menghindari masalah tetapi saya merasakan pukulan. Pasti itu mengekang, dan itu membuatku kehilangan pegangan dan putaran. Itu membuatku terkejut,” kata juara dunia Formula 1 empat kali.