Jepang Ingin Tanggung Semua Biaya Vaksin Virus Corona

, Jakarta – Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Kamis, 3 Februari 2021 memastikan Pemerintah pusat sedang mempertimbangkan untuk membiayai semua dana yang dikeluarkan untuk menjalani imunisasi vaksin virus corona.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk mendukung pemerintah daerah – memastikan mereka merampungkan sistem tepat waktu,” kata Perdana Menteri Suga, dalam sebuah pertemuan dengan anggota komite anggaran Majelis Rendah Jepang.

Baca juga: Virus Corona, Status Darurat di Jepang Diperpanjang

Suga menegaskan kembali niatnya untuk meningkatkan jumlah tenaga medis yang di vaksin sampai pertengahan Februari 2021. Sedangkan imunisasi vaksin virus corona bagi lansia usia 65 tahun dan lebih dari itu, direncanakan pada awal April 2021.

Terkait karyawan non-reguler di perusahaan-perusahaan besar, yang tidak mendapat subsidi cuti karena pandemi Covid-19, Suga mengatakan pihaknya menyediakan subsidi cuti, dimana Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, bisa melakukan pengecekan bagi mereka-mereka yang berhak atas subsidi cuti ini.       

“Kami ingin Kementerian memberikan tanggapan nyata secepatnya,” kata Suga.

Komite anggaran di DPR Jepang sebelumnya mempertanyakan pertanyaan mendasar mengenai draf anggaran pengeluaran untuk tahun fiskal 2021. Pertanyaan itu diajukan menyusul dimulainya pembahasan anggaran.  

Sumber: https://www.asiaone.com/asia/japan-plans-cover-all-covid-19-vaccination-costs