Joan Mir Jawab Kritik Jadi Juara MotoGP 2020 Saat Marc Marquez Absen

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan keberhasilan menjuarai MotoGP 2020 di atas podium, REUTERS/Albert Gea

, Jakarta – Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 meskipun hanya finis di posisi ketujuh pada seri MotoGP Valencia, Ahad, 15 November 2020. Gelar juara itu menjadi cara pembalap Suzuki Ecstar itu menjawab kritik bahwa ia hanya mampu menjadi juara saat Marc Marquez absen sepanjang musim ini.

“Orang yang mengatakan hal itu karena mereka tidak tahu banyak tentang sepeda motor. Marc tidak ada di sini karena mereka telah mengambilnya, mereka tidak pergi ke rumahnya untuk menngambilnya dan dia menghilang,” ujar Joan Mir, dikutip dari Motorsport, Ahad, 15 November 2020.

Joan Mir meneruskan, “Marc berada di balapan pertama, mempertaruhkan segalanya untuk menang dan mencoba memenangkan kejuaraan. Namun, dia membuat kesalahan yang membuatnya kehilangan musim. Itu dia. Apakah ketidakhadiran Marquez ini mengurangi gelar? Nah, itu perlu untuk melihat banyak gelar pembalap lain selama sejarah yang mereka menangkan ketika sang favorit juara jatuh dan tidak menjadi juaranya.”

Baca juga : Fakta-fakta Menarik Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

Mir menyelesaikan MotoGP Valencia di posisi ketujuh setelah memulai start ke-12. Hasil itu cukup baginya untuk menutup gelar 2020 dengan juara sementara satu seri tersisa di MotoGP Portugal.

Kemenangan pembalap Suzuki datang di salah satu musim MotoGP yang paling tidak terduga. Musim ini dimulai dengan juara bertahan yang harus absen karena patah lengan yang dialami di seri pembuka MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.

Baca juga : Joan Mir Juara Dunia 2020, Ini Daftar Kampiun MotoGP Sepanjang Masa

Adapun Mir telah menjadi pembalap paling konsisten pada tahun 2020. Ia mencetak tujuh podium dalam 12 balapan, termasuk kemenangan perdananya akhir pekan lalu di GP Eropa. “Ini adalah bagian dari permainan, olahraga, dan MotoGP. Saya tidak menganggap gelar ini kurang pantas untuk diraih karena Marquez tidak ada di sana ketika dia cedera,” ujar dia.

Honda mengonfirmasi awal pekan ini Marquez tidak akan kembali beraksi pada 2020. Berdasarkan laporan di pers Spanyol menunjukkan bahwa pembalap Repsol Honda itu mungkin memerlukan operasi ketiga pada lengannya yang cedera.

Sementara itu, gelar Joan Mir adalah yang pertama bagi Suzuki dalam 20 tahun dan menjadikannya hanya pembalap Spanyol keempat setelah Alex Criville, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez yang memenangkan mahkota kelas utama. Pembalap berusia 23 tahun itu juga bergabung dengan daftar elit Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jr untuk memenangkan gelar kelas utama bersama Suzuki.