Kerumunan di Markas FPI, Rizieq Shihab: Antusias Umat

Jamaah mulai memadati Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta, Sabtu, 14 November 2020. Massa mulai berdatangan untuk mengikuti acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah anak dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yakni Syarifah Najwa Shihab. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Jakarta – Pemimpin FPI (Front Pembela Islam) Rizieq Shihab mengimbau para pengikutnya waspada terhadap penularan Covid-19.

“Dalam keadaan wabah seperti sekarang pandai-pandai jaga kesehatan,” kata Rizieq dalam pidato dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad di kantor FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu malam, 14 November 2020.

Sebelum perayaan Maulid Nabi, Rizieq Shihab menggelar akad nikah anaknya di lokasi yang sama.

Rizieq Shihab mengatakan panitia FPI sebenarnya ingin memberi jarak di antara para peserta acara Maulid Nabi. Namun, rencana itu sulit direalisasikan karena antusiasme masyarakat.

“Kami inginnya (peserta) duduk semeter-semeter. Saya saja sulit,” ucapnya. “Ini antusias umat. Semoga Allah angkat wabah Covid-19.”

Kerumunan orang tersebut mendapatkan sorotan Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono.

Menurut dia, pemerintah tidak konsisten dalam regulasi yang dibuat saat pandemi Covid-19. Sebabnya pemerintah membiarkan terjadinya kerumunan dalam kegiatan yang dihadiri Rizieq Shihab.

“Pemerintah tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya sendiri,” kata Rizieq Shihab, bos FPI.