Laga Pamungkas Bundesliga, Werder Bremen Masuk Jurang Degradasi

, Jakarta – Werder Bremen mengalami nasib tragis di laga pemungkas musim 2020/21 Liga Jerman, Sabtu 22 Mei 2021. Bremen menelan kekalahan 2-4 saat menjamu Borussia Moenchengladbach di Stadion Weser dan harus terdegradasi setelah empat dekade berkiprah di kasta tertinggi. 

Upaya mendatangkan Thomas Schaaf tak mampu menyelamatkan Bremen dari kekalahan. Schaaf adalah pelatih legendaris yang pernah membawa Bremen menjadi juara pada musim 2003/04. Dia semula diharapkan masih punya sentuhan magis untuk mencegah Bremen masuk jurang degradasi. 

Bersamaan dengan kekalahan Bremen, tim pesaing mereka di papan bawah, yakni FC Cologne, meraih kemenangan penting dengan skor 1-0 atas Schalke 04 di Stadion RheinEnergie. Cologne menutup musim menempati urutan ke-16 klasemen dengan 33 poin, unggul dua poin atas Bremen yang mereka gusur ke peringkat ke-17.

Bremen terdegradasi ke kasta kedua atau Bundesliga.2 bersama Schalke yang sudah lebih dulu dipastikan terdegradasi sejak bulan lalu. Terakhir kali Bremen berlaga di kasta kedua terjadi pada musim 1981/82, tetapi di musim itu pula mereka langsung promosi sebagai juara divisi dua.

Cologne belum sepenuhnya aman dari ancaman degradasi. Tim ini harus menjalani fase playoff promosi-degradasi melawan tim posisi ketiga Bundesliga.2 yang baru akan melangsungkan laga pekan pemungkas pada Minggu malam ini.

Berlawanan nasibnya dari Werder Bremen, Union Berlin juga mencetak catatan bersejarah dengan kembali berkesempatan tampil di kompetisi Eropa musim depan. Di laga pemungkasnya, Union Berlin menang dramatis 2-1 atas RB Leipzig dan menempatkannya finis di urutan ketujuh.

Baca juga:
Gempa di Cimaung Bandung Menjelang Tengah Malam, Ini Penjelasan BMKG