Man City vs Real Madrid 2-1: Ini 9 Fakta Seputar Kesuksesan The Citizens Lolos

Penyerang Manchester City Raheem Sterling. Peter Powell/Pool via REUTERS

, Jakarta – Manchester City berhasil lolos ke babak perempat final Liga Champions. Klub Liga Inggris itu meraih kemenangan 2-1 dalam leg kedua babak 16 besar di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu dinihari WIB, dan melaju dengan agregat 4-2.

Man City unggul lebih dauli lewat Raheem Sterling, namun sempat disamakan tamunya melalui gol Karim Benzema. Gabriel Jesus kemudian memastikan kemenangan The Citizens dengan golnya.

Berikut sejumlah fakta terkait laga ini dan hasilnya:

• Kekhawatiran bahwa Real Madrid akan hancur tanpa kehadiran Sergio Ramos yang terkena sanksi terbukti. Raphael Varane tampil buruk dan melakukan dua kesalahan yang berujung pada gol City.

• Kemenangan Manchester City menandai pertama kalinya tim Inggris memenangi kedua leg dalam pertandingan sistem gugur Liga Champions menghadapi lawan dari Spanyol sejak 2008-09 saat Liverpool menang agregat 5-0 melawan Real Madrid.

• Real Madrid tersingkir sebelum babak perempat final Liga Champions untuk kedua kalinya berturut-turut. Ini terjadi untuk pertama kalinya sejak 2009-10. Mereka telah mencapai setidaknya semifinal dalam delapan musim antara 2010-11 dan 2017-18.

• Zinedine Zidane tersingkir dari babak sistem gugur Liga Champions untuk pertama kalinya sebagai bos Real Madrid, setelah selalu sukses dalam 12 pertandingan sebelumnya.

• Raheem Sterling menjadi pemain Inggris keenam yang berbeda yang mencetak 20 gol Liga Champions. Hanya Wayne Rooney (24 tahun 157hari) yang mencapai total gol itu pada usia yang lebih muda dari Sterling (25 tahun 243 hari).

• Gabriel Jesus menjadi pemain kedua yang mencetak gol di kedua leg pertandingan sistem gugur Liga Champions melawan Madrid, setelah Ruud van Nistelrooy melakukannya untuk Manchester United pada 2002-03.

• Karim Benzema telah mencetak lima gol dalam enam penampilan terakhirnya di babak sistem gugur Liga Champions untuk Madrid, sebanyak yang ia cetak dalam 26 penampilan sebelumnya.

• Manchester City akan menghadapi Lyon di babak perempat final, yang akan digelar pada 15 Agustus di Lisbon.

• Susunan pemain Man City vs Real Madrid:
Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Fernandinho, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Kevin de Bruyne, Rodri Hernandez (Nicolas Otamendi), Ilkay Guendogan; Phil Foden (Bernardo Silva), Gabriel Jesus, Raheem Sterling (David Silva)
Pelatih: Pep Guardiola.
Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal (Lucas Vazquez), Raphael Varane, Eder Militao, Ferland Mendy; Luka Modric (Federico Valverde), Casemiro, Toni Kroos; Rodrygo Goes (Marco Asensio), Karim Benzema, Eden Hazard (Luka Jovic)
Pelatih: Zinedine Zidane.

OPTA | MIRROR