Menangi Pemilu AS, Joe Biden Banjir Ucapan Selamat

Jakarta – Joe Biden akhirnya dinyatakan sebagai pemenang Pemilu AS 2020. Ia mengalahkan inkumben Donald Trump dengan perolehan 273 suara elektoral. Adapun kemenangannya di Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin yang membukanya jalan menuju Gedung Putih.

Menanggapi kemenangan Joe Biden, kepala dan pejabat pemerintahan negara tetangga beramai-ramai memberikan ucapan selamat kepada Presiden Amerika baru itu:

1.Heiko Maas, Menteri Luar Negeri Jerman
“Akhirnya kita mendapatkan angka yang jelas. Kami menanti momen kerjasama dengan Pemerintah Amerika berikutnya. Kami ingin berinvestasi dalam kerjasama trans-atlantic yang baru. Sebuah kesepakatan baru,” ujar Heiko Maas.

2.Emmerson Mnangagwa, Presiden Zimbabwe
“Atas nama warga Zimbabwe, kami mengucapkan selamat kepada Presiden Amerika terpilih, Joe Biden, atas kemenangannya di Pemilu AS. Kami dari Zimbabwe mendoakan yang terbaik untuk anda dan kami menanti kerjasama selanjutnya,” ujar Menangawa.

3.Anne Hidalgo. Walikota Paris
“Selamat datang kembali Amerika. Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris untuk kemenangannya di Pemilu AS. Di saat kita akan merayakan lima tahun Kesepakatan Paris, kemenangan ini menyimbolkan semakin pentingnya kerjasama untuk menangani perubahan iklim,” ujar Hidalgo.

4.Michael Martin, Perdana Menteri Irlandia
“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Amerika, Joe Biden. Joe Biden telah menjadi teman yang baik dari Irlandia dan kami menanti kerjasama dengannya. Kami juga siap menyambutnya ketika situasi memungkinkan,” ujar Martin.

5. Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris
“Selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya sebagai Presiden Amerika dan Kamala Harris atas pencapaiannya yang bersejarah. Amerika adalah sekutu penting kami dan kami menanti kerjasama yang lebih dekat, terutaama dalam hal perubahan iklim, perdagangan, dan keamanan,” ujar Johnson.

ISTMAN MP