Menjelang Ramadan, Gubernur Anies Baswedan Minta Warga Tetap di Rumah

JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga tetap berada di rumah dan tidak keluar manakala tak ada kepentingan yang mendesak.

Terlebih, pada pekan pertama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Mikro, warga DKI yang beragama Islam akan menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadan.  

Anies pun meminta agar warga mengurangi mobilitas dan mencegah keramaian yang dirasa tidak perlu.

“Saat bulan Ramadan, bisa dijadikan momentum bagi kita untuk terus meningkatkan imunitas sembari menjalankan ibadah puasa agar terhindar dari risiko keterpaparan,” ucap Anies dalam keterangan tertulisnya pada Senin, 5 April 2021. 

Seperti diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang PPKM Mikro hingga 19 April 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti mengatakan keputusan itu diambil lantaran laju kasus Covid-19 di Ibu Kota selama dua pekan terakhir berhasil ditekan. “Pemprov DKI Jakarta ingin tren positif dalam menekan laju kasus tersebut bisa terus dipertahankan dengan memperpanjang PPKM mikro,” tutur dia. 

Widyastuti menjelaskan bahwa selama dua minggu terkhir mengalami penurunan sebanyak 1.247 kasus, yakni 7.322 kasus aktif pada tanggal 21 Maret, menjadi 6.075 kasus aktif pada tanggal 5 April.

Baca juga : Anies Baswedan Siap Jalani Vaksinasi Covid-19 Pekan Ini

Meski begitu, kata dia, masyarakat tidak boleh lengah. Terlebih selama tiga hari ke belakang merupakan masa libur panjang.  “Kita harus siap untuk situasi apapun agar kurva kasusnya bisa terkontrol dengan baik,” ujar Widyastuti.

Menurut Widyastuti penurunan kasus aktif berdampak pada turunnya tingkat keterpakaian baik tempat tidur isolasi maupun ICU di rumah sakit rujukan Covid-19. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, jumlah kapasitas tempat tidur isolasi per 21 Maret sebanyak 7.863 tempat tidur dan terpakai 4.258 tempat tidur atau 54 persen dari jumlah yang ada.

Sedangkan jumlah kapasitas ICU per tanggal yang sama sebanyak 1.142 dan terpakai 674 ICU atau sebesar 59 persen yang terpakai. Terkait data-data tersebut, tak aneh bila Gubernur Anies Baswedan meminta warga DKI tetap di rumah saja saat Ramadan nanti. 

ADAM PRIREZA