Mike Pence Akan Hadir di Pelantikan Joe Biden

Wakil Presiden Mike Pence mengambil bagian dalam sesi bersama Kongres untuk mengesahkan hasil pemilu AS 2020 di Capitol Hill pada hari Rabu.[Erin Schaff/Reuters]

, Jakarta – Wakil Presiden AS Mike Pence akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, kata seorang pejabat senior pemerintahan pada hari Sabtu.

Pada hari Jumat, Presiden Donald Trump mengatakan dia tidak akan menghadiri pelantikan penggantinya pada 20 Januari, dikutip dari Reuters, 10 Januari 2021.

Presiden Donald Trump mengumumkan di Twitter, sebelum akunnya ditangguhkan, bahwa dia tidak akan hadir di pelantikan Joe Biden.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa Pence berencana untuk menghadiri pelantikan, tetapi dia menunggu undangan.

Pernyataan Pence untuk menghadiri pelantikan Joe Biden muncul setelah perselisihan besar pertama antara Pence dan Presiden Donald Trump, ketika Pence menentang Presiden Trump dengan tetap mengesahkan hasil pemilu AS.

Pence telah menghadapi tekanan kuat dari Trump dan para pendukungnya untuk menghentikan penghitungan suara seremonial selama sesi gabungan Kongres, meskipun dia mengatakan kepada Trump bahwa dia tidak memiliki kewenangan untuk menghentikan penghitungan suara yang meresmikan kemenangan Joe Biden.

Massa yang dihasut oleh Trump pada hari Rabu pagi menyerbu Capitol AS tempat Pence memimpin penghitungan hasil Electoral College, memaksa dia dan keluarganya untuk melarikan diri dari ruangan ketika perusuh pro-Trump menyusup ke gedung.

Wakil Presiden Mike Pence dan Ketua DPR Nancy Pelosi mengambil bagian dalam sesi bersama Kongres untuk mengesahkan hasil pemilu AS, 6 Januari 2021, di US Capitol. [REUTERS/ Saul Loeb / Pool]

Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia senang Pence akan hadir.

“Dia diterima. Saya pikir penting bahwa selama kita bisa berpegang pada apa yang telah menjadi preseden historis tentang bagaimana perubahan pemerintahan harus dipertahankan. Jadi Mike, wakil presiden, dipersilakan untuk datang. Kami akan merasa terhormat untuk memilikinya di sana, dan untuk bergerak maju dalam transisi,” kata Biden.

Sementara Biden mengatakan keputusan Trump untuk tidak menghadiri pelantikannya sejalan dengan pikirannya.

“Itu hal yang baik, dia tidak muncul,” kata Biden kepada wartawan Jumat di Wilmington, Delaware, pada konferensi pers setelah dia memperkenalkan calon Kabinet, CNN melaporkan.

“Dia bahkan melampaui anggapan terburuk saya tentang dia. Dia telah mempermalukan negara, mempermalukan kita di seluruh dunia. Dia tidak layak memegang jabatan itu,” kata Biden.

Saat ini Partai Demokrat di DPR sedang mempersiapkan pasal pemakzulan, yang diharapkan akan diperkenalkan paling cepat Senin. Joe Biden tidak mempertimbangkan apakah Kongres harus mendakwa Donald Trump, dan mencopotnya dari jabatannya atas tindakannya memicu kerusuhan di Capitol AS.

REUTERS | CNN

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-usa-election-pence/pence-to-attend-bidens-inauguration-official-says-idUSKBN29F007

https://edition.cnn.com/2021/01/09/politics/mike-pence-inauguration-joe-biden/index.html