MotoGP: Ditangani Mantan Kepala Kru Valentino Rossi, Begini Komentar Vinales

, Jakarta – Maverick Vinales merasakan hasil positif pada sesi latihan bebas MotoGP Grand Prix Catalunya pada Jumat, 4 Juni 2021, setelah didampingi oleh Silvano Galbusera sebagai crew chief baru, menggantikan Esteban Garcia. Sehari sebelumnya, Yahama mengonfirmasi Galbusera, mantan kepala kru Valentino Rossi, akan menangani Vinales hingga akhir musim ini.

Garcia telah bekerja sama dengan Vinales pada 2013 dan membuahkan titel Moto3 untuk sang pebalap Spanyol pada tahun tersebut. Ia kemudian bergabung dengan Yamaha pada 2019 dan membantu Vinales mengemas 11 podium, empat kemenangan, tiga peringkat dua, dan empat kali peringkat tiga.

“Saya merasa baik dengan motor, jujur,” kata Vinales seperti dilansir laman resmi MotoGP.

“Tentu kami sering mengganti motor selama FP1 dan FP2, itu sesuatu yang saya tidak biasa lakukan, tetapi sekarang saya harus melakukannya untuk mencoba menemukan keseimbangan, motor yang lebih baik khususnya untuk gaya membalap saya.”

Pembalap Valentino Rossi (kanan), berbicara dengan kepala kru Silvano Galbusera sebelum sesi kualifikasi moto GP Australia di Phillip Island, Australia, 17 Oktober 2015. Rossi tercecer di posisi start ketujuh. AP/Rob Griffith

“Dan saya merasakan banyak hal positif. Pada dasarnya dengan Silvano kami bekerja sangat tenang. Kami sekarang tahu prioritas kami adalah menemukan setup yang bisa membuat saya nyaman dan gunakan untuk gaya membalap saya,” ucap Vinales.

“Kami tidak terlalu banyak melihat catatan waktu lap dan posisi, tapi lebih ke bagaimana mendapatkan perasaan yang baik dan lebih menjadi diri saya sendiri dengan motor ini.”

Vinales membuka akhir pekan di Montmelo dengan finis P4 di sesi latihan pertama, dan menempati P6 secara umum setelah FP2, terpaut 0,586 detik dari pemuncak sesi Johann Zarco.

Galbusera, yang mengambil alih peran Jeremy Burgess sebagai crew chief Valentino Rossi pada 2014, membantu The Doctor memenangi sembilan balapan dan bertarung untuk titel 2015 hingga akhir musim, sebelum akhirnya digantikan oleh David Munoz untuk musim 2020.

Galbusera kemudian sempat ditugasi membantu pengembangan motor Yamaha bersama Jorge Lorenzo, dan kemudian dengan Cal Crutchlow sebelum ditarik kembali sebagai crew chief di garasi tim menangani pembalap MotoGP Maverick Vinales.

Baca Juga: MotoGP: Alex Rins Selesai Jalani Operasi, Kemungkinan Fit di GP Jerman