Partai Ummat Besutan Amien Rais Targetkan Dua Digit Suara di Pemilu 2024

, Jakarta – Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menargetkan partai yang digagas politikus senior Amien Rais itu mampu meraih suara dua digit pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. “Target optimis kami, target Pak Amien dan kami semua, bismillah kami menargetkan dua digit,” kata Ridho saat ditemui di kompleks kediaman Amien Rais, Sleman, DIY, Kamis 29 April 2021.

Meski demikian, untuk saat ini, menurut dia, target itu masih sekadar ekspresi semangat dari jajaran pengurus Partai Ummat.

“Dua digit itu istilah optimisme kami, tentu berarti di atas 10 persen ke atas, ya,” kata menantu Amien Rais ini.

Kalangan generasi muda, disebutkan Ridho, akan menjadi target utama untuk direkrut sebagai kader partai itu.

Sejumlah tokoh yang telah bergabung, seperti mantan Ketua Umum PBB M.S. Kaban serta Neno Warisman, menurut dia, makin menambah keyakinan partai itu mampu merekrut lebih banyak kader pada masa mendatang.

“Seperti Mbak Neno, beliau mengetuai berbagai organisasi yang di situ juga ada orang-orang partai di dalamnya. Saya yakin bisa menjadi pertimbangan untuk bergabung bersama kami,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ridho juga memastikan Partai Ummat memberi peluang yang sama kepada seluruh kader untuk menjabat sebagai pengurus, bahkan pimpinan partai tanpa memprioritaskan keluarga atau orang dekat Amien Rais.

“Itu sudah disampaikan di forum internal, itu sangat tidak masalah. Bahkan, ke depan seandainya ada calon-calon dan ada momen pergantian (pimpinan partai) jika dianggap mampu dipersilakan,” kata Ridho yang sebelumnya aktif sebagai dosen Jurusan Teknik Informatika UII ini.

Untuk menuju Pemilu 2024, lanjut dia, partai berlogo perisai tauhid itu masih akan berkonsentrasi merampungkan pendaftaran partai sebagai badan hukum ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ia menargetkan pengurusan legalitas sebagai partai baru segera tuntas 1 bulan sampai 2 bulan mendatang.

“Kalau dari peraturan kira-kira pendaftaran itu 2 tahun 6 bulan sebelum pemilu. Jadi, kalau kami tarik tahun ini ‘kan berarti sekitar Oktober (sudah mengumpulkan berkas pendaftaran),” katanya.

Sebelumnya, deklarasi Partai Ummat ditayangkan melalui akun YouTube Amien Rais Official pada Kamis (29/4) siang. Sejumlah pengurus disebutkan dalam deklarasi itu, di antaranya Amien Rais sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Ridho Rahmadi (ketua umum), mantan Ketua Umum PBB M.S. Kaban (Wakil Ketua I Majelis Syuro), Thalib Sagaf Aldjufri (Wakil Ketua II Majelis Syuro), hingga Ansufri Idrus Sambo (sekretaris).

Baca: Alasan Menantu Amien Rais Ditunjuk Pimpin Partai Ummat: Jago IT