Pemain La Liga Spanyol Diizinkan Berlatih Kembali Mulai 4 Mei

Penyerang Barcelona Lionel Messi, mengontrol bola saat melakukan latihan bersama rekannya Martin Braithwaite mejelang laga El Clasico di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Barcelona, 29 Februari 2020. Laga El Clasico antata Real Madrid vs Barcelona akan berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, pada Senin 2 Maret 2020. REUTERS/Albert Gea

, Jakarta – Para atlet profesional Spanyol, termasuk para pemain sepak bola dari tim-tim La Liga Spanyol, dapat kembali melakukan latihan dasar pada 4 Mei. Hal itu diumumkan pemerintah negara itu pada Selasa setempat.

Liga Spanyol telah ditangguhkan sejak 12 Maret karena pandemi COVID-19.

Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan keputusan itu merupakan langkah pertama dalam mencabut pendekatan lockdown yang akan dilakukan dalam empat fase selama dua bulan.

“Fase pertama, atau fase 0, merupakan persiapan untuk fase transisi atau fase de-eskalasi, yang telah siap kami lakukan,” kata Sanchez seperti dilansir AFP, Rabu.

“Pada skenario terbaik, fase de-eskalasi ini akan berlangsung minimal enam pekan dan durasi maksimal yang kami inginkan adalah delapan pekan untuk seluruh negeri Spanyol,” tambahnya.

Latihan penuh baru dapat dilakukan pada fase-fase akhir pencabutan lockdown.

Pengumuman itu membuat tim-tim Liga Spanyol dapat kembali memulai sesi latihan individu dengan para anggota skuadnya. Protokol itu telah disepakati oleh operator Liga Spanyol dan Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) pada awal bulan ini.

Menurut sejumlah laporan surat kabar lokal, para pemain akan menjalani sejumlah tes COVID-19 sebelum kembali berlatih.

Mereka akan tiba di fasilitas latihan dengan mengenakan seragam latihan, dengan sarung tangan dan masker, dan hanya maksimal enam pemain dapat berada bersamaan di lapangan dalam satu waktu.

Pandemi COVID-19 telah menewaskan lebih dari 24.000 orang di negara itu. Spanyol berada di peringkat ketiga di bawah AS dan Italia untuk catatan kematian akibat infeksi COVID-19.