Pemimpin Senat AS Akhirnya Akui Kemenangan Joe Biden

Pemimpin Mayoritas Senat AS Mitch McConnell berbicara kepada awak  media saat berjalan ke kantornya, ketika Wali Kota Muriel Bowser menyatakan Keadaan Darurat virus Corona (COVID-19), di Capitol Hill di Washington, AS , 17 Maret 2020. [REUTERS / Tom Brenner]

, Jakarta – Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, akhirnya mengakui Joe Biden sebagai presiden terpilih Amerika Serikat untuk pertama kalinya pada Selasa, setelah menolak melakukannya ketika Presiden Donald Trump memperebutkan hasil pemilihan.

“Negara kami secara resmi memiliki presiden terpilih dan wakil presiden terpilih,” kata Republikan dari Kentucky, seperti dilaporkan POLITICO, 15 Desember 2020.

“Electoral College telah memberi suara. Jadi hari ini saya ingin memberi selamat kepada Presiden terpilih Joe Biden,” kata Mitch McConnell.

Joe Biden dan McConnell bertugas bersama di Senat selama bertahun-tahun dan menegosiasikan beberapa kesepakatan ketika Biden menjadi wakil presiden dan McConnell adalah pemimpin Partai Republik selama kepresidenan Barack Obama.
Mereka harus bekerja sama lagi tahun depan mengingat margin sempit di DPR dan Senat, dan keinginan Biden untuk bekerja dengan Senat Partai Republik dalam mengkonfirmasi Kabinetnya dan mengesahkan undang-undang. Keduanya belum mengatakan secara terbuka apakah mereka telah berbicara satu sama lain sejak pemilihan November.

Donald Trump, meski kalah pilpres, tetap memegang kendali besar atas Partai Republik dan menyerukan kepada Republikan untuk menolak mengakui Joe Biden. Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy belum mengakui kemenangan Biden.

Senator Steve Daines, seorang Republikan Montana, terus menegaskan bagaimana Trump telah memenangkan suara elektoral negara bagiannya.

“Montana memberikan tiga suara elektorat untuk Presiden Trump, dan Electoral College memberikan suara hari ini,” kata Daines, yang baru saja memenangkan pemilihan ulang di Montana, dikutip dari CNN.

“Dan Kongres perlu meratifikasi pada Januari,” katanya.

Setelah proses Electoral College pada Senin malam, beberapa anggota GOP (Grand Old Party) Kongres memberi isyarat bahwa mereka bakal menerima kemenangan Biden.

Senator Roy Blunt dari Missouri, anggota pimpinan Senat GOP yang memimpin panitia pelantikan kongres, mengatakan mereka akan segera bertemu untuk membahas upacara pelantikan Biden pada 20 Januari. Minggu lalu, dia dan para pemimpin Partai Republik lainnya telah menolak upaya Demokrat untuk mempersiapkan pelantikan Biden.

Dua anggota kepemimpinan GOP lainnya, Senat Mayoritas Whip John Thune dari South Dakota dan Senator John Cornyn dari Texas, mengatakan tidak akan ada upaya apapun yang bisa membatalkan hasil Pilpres AS pada 6 Januari ketika sesi gabungan Kongres bertemu untuk menghitung suara elektorat.

Sumber:

https://www.politico.com/news/2020/12/15/mcconnell-recognizes-biden-as-president-elect-445450

https://edition.cnn.com/2020/12/15/politics/mitch-mcconnell-congratulates-joe-biden/index.html