Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin

, Jakarta – Perencanaan pensiun dapat dimulai dengan memikirkan tujuan pensiun, serta menentukan kebutuhan dan harapan yang realistis untuk menikmati masa tua dengan tingkat produktivitas yang akan menurun. Hal ini turut mempengaruhi pentingnya persiapan dana pensiun dilakukan sedini mungkin.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2020 jumlah penduduk Indonesia yang bekerja sebanyak lebih dari 131 juta orang. Melihat data ini, persiapan dana pensiun diperlukan untuk tujuan jangka panjang. Pada 2019, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menyatakan bahwa terdapat 93 persen pekerja formal yang belum memiliki bayangan tentang bagaimana rencana yang akan dilakukan pada masa pensiun. Selain itu, terdapat data bahwa 7 dari 10 pensiunan di Indonesia tetap harus bekerja untuk melanjutkan hidup.

Melihat fakta tersebut, AIA dan CIMB Niaga menyediakan proteksi dan perencanaan keuangan agar nasabah memiliki perencanaan dana pensiun. PT AIA FINANCIAL (AIA), bersama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Golden Plan. Produk itu menawarkan income withdrawal privilege sebagai perencanaan keuangan nasabah di masa pensiun. Manfaat ini dapat diperoleh setiap tahun hingga akhir masa asuransi senilai 1 kali dari premi dasar atau 5 persen dari nilai akun premi dasar nasabah setelah memenuhi masa pembayaran premi selama 5 atau 10 tahun.

Income withdrawal privilege merupakan fasilitas penarikan dana investasi yang diberikan kepada nasabah mulai tahun ke-11 atau pada saat nasabah mencapai umur 55 tahun tanpa mempengaruhi manfaat loyalty bonus. Sebagai produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, Fortuna Golden Plan memungkinkan alokasi investasi optimal dengan biaya akuisisi yang rendah. Investasi Fortuna Golden Plan dikelola oleh tim investasi AIA yang melibatkan PT AIA FINANCIAL, AIA Investment Management (SG) dan Global Fund Manager terkemuka; Baillie Gifford, BlackRock, dan Wellington Asset Management.

Ada tiga jenis opsi alokasi investasi, disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan nasabah, yaitu USD Advanced Conservative Fund, USD Advanced Balanced Fund, USD Advanced Adventurous Fund. Masing-masing opsi menawarkan pilihan potensi risk-adjusted return menengah hingga tinggi dalam jangka panjang.

Baca: Asosiasi Ungkap Lima Penyebab Defisit Dana Pensiun

Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy mengatakan Fortuna Golden Plan diluncurkan agar nasabah dapat mempersiapkan dana pensiun untuk menjaga kebutuhan hidupnya di usia senja. “Perencanaan hidup di hari tua sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, kami optimis produk ini akan diterima dengan baik, tidak hanya karena manfaat yang diberikan, tetapi juga karena kami meluncurkan produk ini bersama CIMB Niaga untuk memberikan solusi perencanaan dana pensiun kepada seluas-luasnya masyarakat Indonesia,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 23 Maret 2021.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan menyampaikan Fortuna Golden Plan melengkapi produk bancassurance yang telah kami tawarkan sebelumnya. Hal ini merupakan bagian dari kolaborasi bank dan perusahaan asuransi untuk berinovasi. “Produk bancassurance yang tidak hanya memberikan perencanaan keuangan yang lebih baik tetapi juga perlindungan jiwa,” kata Lani.

Jadi, sudahkah Anda persiapkan dana pensiun demi haapi hari senja?