Polda Metro Temukan 192 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19

, JakartaPos penyekatan Polda Metro Jaya mendeteksi 192 warga yang balik ke Jakarta (pemudik) positif Covid-19 dalam rentang waktu empat hari terakhir.

“Ditemukan 192 yang reaktif atau positif dari warga Jakarta yang kemarin mudik,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis, 20 Mei 2021.

Yusri mengatakan hasil tersebut diperoleh petugas dari pemeriksaan terhadap 40.916 pemudik yang kembali ke Jakarta menggunakan 9.302 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini menjalani isolasi.

Sebanyak 99 pemudik di antaranya menjalani isolasi mandiri, 52 dirujuk ke Wisma Atlet dan sisanya dirujuk ke fasilitas isolasi di luar wilayah Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya, menurut Yusri, telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19 dan juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis. Pos tersebut disiapkan setelah diterapkan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas Covid-19.

Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas Covid-19, maka akan diarahkan petugas untuk tes usap antigen di pos-pos yang sudah disediakan. Pemudik yang negatif Covid-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju ibu kota.

Sementara pemudik yang positif Covid-19 akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR. Polda Metro Jaya memberlakukan operasi pemeriksaan pada arus balik hingga 24 Mei 2021 untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 usai libur Lebaran atau Idul Fitri 1442 Hijriah.

Baca juga: Arus Balik Diprediksi Terjadi pada 21-22 Mei 2021