PT KAI Catat 2.580 Calon Penumpang Jalani Tes GeNose di Stasiun Pasar Senen

Seorang wanita meniup kantong plastik saat mengambil sampel udaranya untuk tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di sebuah stasiun kereta di Jakarta, Rabu, 3 Februari 2021. Alat buatan Indonesia ini mulai digunakan untuk screening penumpang kereta jarak jauh. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

, Jakarta -PT KAI atau Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sejak 3 Februari 2021 ada 2.580 calon penumpang mereka yang menggunakan layanan pemeriksaan tes GeNose atau tes cepat antigen.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2021 dan SE Satuan Tugas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021, calon penumpang kereta api perlu menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes cepat antigen sebelum dapat berangkat. 

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan layanan pemeriksaan deteksi Covid-18 melalui hembusan nafas atau GeNose tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Pada Sabtu, 6 Februari 2021 hingga pukul 15.00 WIB tercatat sekitar 700 calon penumpang menggunakan layanan tersebut.

Baca juga : GeNose Kini Tersedia di 4 Stasiun, Syaratnya Harus Punya Tiket Kereta Jarak Jauh

Eva menyebut pihaknya mulai hari ini menambah 4 perangkat GeNose di Stasiun Pasar Senen. “Secara keseluruhan kini terdapat 10 perangkat yang beroperasi,” kata Eva dalam keterangan tertulisnya Sabtu sore, 6 Februari 2021.  

Untuk dapat memanfaatkan layanan GeNose, kata Eva, calon penumpang perlu menunjukkan tiket kereta apijarak jauh atau kode pemesanan yang sudah dibayar lunas. Mereka juga diharuskan membawa kartu identitas asli dan dianjurkan tak makan atau minum serta merokok 30 menit sebelum menghembuskan napas ke kantong udara. 

Jika ditemukan hasil positif, calon penumpang akan diarahkan untuk menuju ruang isolasi sementara oleh petugas kesehatan di lokasi. Mereka tak diperbolehkan naik kereta api, sementara biaya tiket perjalanannya akan dikembalikan secara penuh.

“Selanjutnya akan diarahkan agar melakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit,” tutur Eva.  

Selain berkas pemeriksaan yang menunjukkan hasil negatif Covid-19, calon penumpang juga harus memiliki suhu tubuh normal paling tinggi 37,3 derajat celsius.

Disebutkan PT KAI juga, para petugas akan memeriksa tubuh penumpang di stasiun dan secara berkala sepanjang perjalanan di dalam kereta. Penumpang juga diwajibkan menggunakan faceshield selama perjalanan dan dianjutkan memaki baju lengan panjang.  

ADAM PRIREZA