Ratu Elizabeth Telah Disuntik Vaksin COVID-19

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip saat berpose bersama untuk foto resmi kerajaan yang menandakan 73 tahun pernikahan mereka. Instagram.com/@theroyalfamily Fotografer Chris Jackson

Jakarta – Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip telah menjalani vaksinasi COVID-19 pada hari Sabtu kemarin, 9 Januari 2021. Penyuntikan vaksin COVID-19, yang jenisnya belum diumumkan, dilakukan di Kastil Windsor oleh tim dokter pribadi Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Pengumuman diberikan oleh pihak Kerajaan Inggris karena mereka ingin menghindari berbagai spekualsi. Adapun hal tersebut, dikutip dari CNN, adalah permintaan langsung Ratu Elizabeth.

Selama ini, Ratu Elizabeth dan Pengaran Philip tidak pernah sekalipun dinyatakan tertular COVID-19. Sebaliknya, anak dan cucu mereka malah tertular virus yang juga dikenal sebagai Corona itu.

Pangeran Charles adalah anggota keluarga Kerajaan Inggris yang lebih dulu dinyatakan tertular COVID-19. Ia tertular pada Maret 2020. Walau begitu, ia hanya mengalami gejala ringan. “Saya tergolong beruntung dan hanya mendampak ringan,” ujar Charles.

Setelah Charles, Pangeran William yang menyusul. Ia, yang berada di urutan kedua tahta Kerajaan Inggris, dinyatakan tertular COVID-19 Januari ini. Kapan ia tertular belum terungkap.

Per berita ini ditulis, Inggris merupakan salah satu negara dengan situasi pandemi COVID-19 terparah di Eropa. Mereka mencatatkan 3 juta kasus dan 80 ribu kematian. Dalam 24 jam terakhir, kasus di sana bertambah 59 ribu sementara kematian bertambah 1.035. Besarnya pertambahan dipengaruhi munculnya varian baru COVID-19.

Di London, situasi Insiden Besar telah dideklarasikan oleh Wali Kota Sadiq Khan. Ia menyebut situasi di sana kritis karena jumlah kasus terus bertambah sementara rumah sakit sudah tak bisa lagi menampung pasien. Dalam sehari, ambulans bisa menerima ribuan panggilan hingga bantuan dari Kepolisan dan Satuan Pemadam Kebakaran London diterjunkan. 

ISTMAN MP | CNN

https://edition.cnn.com/world/live-news/coronavirus-pandemic-vaccine-updates-01-09-21/h_31905d77f96a5d0896080e3ac76e4649