Resmi, Inter Milan Putus Kontrak Antonio Conte Usai Raih Gelar Serie A

, Jakarta – Perayaan Inter Milan seusai menjuarai Serie A Liga Italia musim ini berakhir. Pelatih Antonio Conte, yang mengakhiri paceklik gelar selama 11 tahun terakhir, resmi meninggalkan Nerrazurri kurang dari satu bulan setelah memenangkan Scudetto.

Pelatih asal Italia dikabarkan berselisih dengan pemilik klub mengenai rencana pembelian pemain di bursa transfer musim panas ini. “FC Internazionale Milano dapat mengonfirmasi bahwa kesepakatan telah dicapai dengan Antonio Conte untuk pemutusan kontraknya dengan persetujuan bersama,” tulis pernyataan resmi klub dikutip dari Marca, Rabu, 26 Mei 2021.

“Klub ingin berterima kasih kepada Antonio atas pekerjaan luar biasa yang telah dia lakukan, yang meraih puncaknya dengan meraih gelar liga teratas ke-19 Inter. Antonio Conte akan selamanya menjadi bagian dari sejarah klub kami.”

Menurut La Gazzetta dello Sport, Conte akan mendapat uang pesangon senilai 7 juta euro atau setara Rp 122,8 miliar. Nilai tersebut adalah setengah dari sisa tahun kontraknya sebagai bagian dari kesepakatan untuk meninggalkan klub. Awalnya, Conte memiliki kontrak hingga 2022.

Presiden Inter Steven Zhang dikabarkan ingin mengurangi tagihan gaji yang ditanggung klubnya. Ia harus menjual sejumlah pemain kunci yang membawa pasukan Biru Hitam itu menjuarai Scudetto musim ini. Klub berpendapat kebijakan itu akan mengurangi beban keuangan klub.

Gagasan Zhang inilah yang tidak mau diterima Conte. Masalah keuangan itu bahkan memaksa perusahaan pemilik Inter, Suning Group, melakukan kesepakatan dengan investor asal Amerika Serikat, Oaktree Capital, yang siap mengucurkan dana pinjaman 275 juta euro.

Sejumlah nama dirumorkan menjadi pengganti Conte sebagai pelatih Inter Milan. Selain nama pelatih Lazio Simone Inzaghi, nama Massimilaon Allegri menjadi favorit untuk berada di kursi pelatih.

Di sisi lain, sejumlah media Inggris menyebutkan bahwa Antonio Conte sedang didekati oleh Tottenham Hotspur yang memecat Jose Mourinho pada April lalu. Ia dikabarkan bakal menggantikan Ryan Mason yang menjabat sebagai pelatih interim hingga akhir musim.

MARCA | BBC | ANTARA

Baca juga : Erick Thohir Beri Hadiah Jersey Inter Milan ke Petani di Kebumen